LAIN-LAIN

Dewan Komisi IV Kabupaten Tasikmalaya Lakukan Monev di UPT Puskesmas Karangnunggal

Tasikmalaya,newssuaraindependent.id-Tim Monitoring Dewan Komisi IV Kab. Tasikmalaya Asop Sopiudin, S.Ag yang didampingi Asep Saepulloh, ST.MM Dewan dari dapil V Partai Golkar lakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) terkait Progres Pembangunan Sapras dan tenaga teknis kesehatannya di UPT Puskesmas Karangnunggal, pada Kamis (18/12/2019).

Menurut Asop Sopiudin Ketua Komisi IV, Tujuan umum melakukan monitoring di Puskesmas Karangnunggal adalah untuk melihat sejauh mana tingkat pelayanan kesehatannya setelah mendapat bantuan pembangunan sarana prasarana (Sapras) dan layanan teknisnya sampai saat ini, katanya.

Lanjut Asop, hasil dari Monep yang dilakukan terkait perbaikan/rehab sarana dan prasarana sudah memenuhi standar spesifikasi. Bahkan sudah sesuai target waktu, target sasaran, dan target prestasi. Hanya khusus untuk rehab total bangunan Poned, masih dinilai kurang memenuhi standar kepatutan. Seharusnya pemerintah mempertimbangkan mulai dari perencanaan sampai ke tata ruangnya. Menurutnya, bangunan tersebut mestinya dibuat dua lantai mengingat lahannya yang sempit dan jumlah kunjungan pasiennya yang semakin meningkat.
Termasuk tenaga medis khususnya Dokter masih kurang untuk sekelas Puskesmas induk, menurutnya.

Asop berjanji akan mendorong untuk mengajukan ke pihak pemerintah agar kekurangan tenaga Dokternya pun segera di perhatikan, pungkasnya

Terpisah Dadan Kusnanto, SKM (Kapus), memang kalau mengingat Standar Pelayanan Minimum (SPM) terkait kesehatan seharusnya ada keseimbangan antara jumlah penduduk dan jumlah tenaga teknis kesehatan sesuai dengan keharusan.

Dicontohkan Dadan, dengan jumlah penduduk Kec. Karangnunggal sebanyak 89 ribu jumlah Dokter pun paling tidak harus ada 5 orang, terangnya.

“Meskipun begitu Alhamdulillah untuk Puskesmas Karangnunggal menjadi tim terbaik dalam Program Perencanaan  dan Pencegahan Komplikasi (P4K) untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) di tingkat Kabupaten Tasikmalaya, mudah mudahan itu akan menjadi efek positif terhadap pelayanan kesehatan masyarakat Kecamatan Karangnunggal khususnya,” pungkas Dadan.(Yat’s Kabiro Tasela).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button