Pemkab Nias Gelar Puncak Perayaan HUT Kartini Ke-145 -

Pemkab Nias Gelar Puncak Perayaan HUT Kartini Ke-145

0
Spread the love

NIAS, Suaralintasindonesia.com || Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias gelar Puncak Perayaan HUT Kartini ke-145 Tahun 2024, bertempat di Halaman Kantor Bupati Nias, Hilizoi-Gido, Rabu (22 Mei 2024).

Ketua Panitia, Ny. Murni F. Zega melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenang dan menghormati perjuangan Kartini sebagai seorang Pahlawan Nasional dan sebagai inspirasi bagi perempuan Indonesia.

Tujuannya adalah memberikan pemahaman dan kesadaran bagi kaum wanita tentang jasa R.A Kartini dalam memperjuangkan perempuan Indonesia serta menjadi momentum terhadap peran dan kontribusi perempuan dalam berbagai bidang, ujarnya.

Sebelumnya, pada hari Selasa, tanggal 21 Mei 2024 bertempat di Halaman Kantor Bupati Nias telah dilaksanakan beberapa kegiatan lomba. Kegiatan lomba tersebut terdiri dari:
1. Lomba “Paduan Suara Lagu Ibu Kita Kartini” yang di ikuti oleh 8 (delapan) Kecamatan.
2. Lomba “Pengucapan 10 Program Pokok PKK” di ikuti Oleh 10 (sepuluh) Kecamatan.
3. Lomba “Fashion Show” di ikuti oleh 10 (sepuluh) Kecamatan

Berdasarkan hasil penilaian para juri, pemenang dari lomba tersebut akan diumumkan hari ini bertepatan pada Puncak Perayaan HUT Kartini ke-145.
Berikut hasil lomba yang telah diumumkan, yakni:
1. Lomba Paduan Suara Lagu Ibu Kita Kartini :
• Juara 1 diraih oleh TP PKK Kecamatan Hiliserangkai
• Juara 2 diraih oleh TP PKK Kecamatan Idanogawo
• Juara 3 diraih oleh TP PKK Kecamatan HIliduho
• Juara 4 diraih oleh TP PKK Kecamatan Bawolato

1. Lomba Pengucapan 10 Program Pokok PKK :
• Juara 1 diraih oleh TP PKK Kecamatan Bawolato
• Juara 2 diraih oleh TP PKK Kecamatan Idanogawo
• Juara 3 diraih oleh TP PKK Kecamatan Ma’u
• Juara 4 diraih oleh TP PKK Kecamatan Hiliserangkai

1. Lomba Fashion Show Kebaya Kartini :
• Juara 1 diraih oleh TP PKK Kecamatan Ulugawo
• Juara 2 diraih oleh TP PKK Kecamatan Bawolato
• Juara 3 diraih oleh TP PKK Kecamatan Hiliduho
• Juara 4 diraih oleh TP PKK Kecamatan Idanogawo

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Nias Ny. Maria Ratna Indah Yaatulo Gulo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terlaksananya puncak peringatan HUT Kartini ke-145.
“Saya mengajak seluruh perempuan di Kabupaten Nias untuk mandiri. Artinya, Mandiri dan Bertanggungjawab, Berani Mengambil Keputusan tanpa bergantung kepada orang lain tentunya dalam hal-hal yang positif” Terangnya.

“Jadilah perempuan yang menginspirasi bagi orang lain. Hal ini dimulai dari Keluarga, Lingkungan Kerja dan Organisasi” Tambahnya.
Dalam arahannya, Wakil Bupati Nias Arota Lase, A.Md mengatakan bahwa perempuan adalah tokoh sentral yang memiliki kemampuan dan prestasi yang luar biasa dalam membentuk karakter bangsa.

“Hari Kartini bukan hanya sebagai hari peringatan saja, namun memberi inspirasi bagi kaum wanita terkait kesetaraan hak dalam berbagai aspek kehidupan” Pungkasnya.
Adapun tema yang diusung pada acara tersebut, yaitu “Jadilah Perempuan Kabupaten Nias yang Mandiri, Tangguh dan Menginspirasi.
Wakil Bupati Nias mengungkapkan bahwa tema tersebut mencerminkan keyakinan bahwa perempuan memiliki peran sentral dalam pembangunan bangsa baik dalam bidang Pendidikan, Ekonomi, Politik maupun Sosial Budaya.

“Perjuangan kita belum selesai, masih banyak tantangan yang harus dihadapi seperti akses pendidikan yang merata dan penghapusan kekerasan terhadap perempuan” Imbuhnya.
Wakil Bupati Nias berpesan agar perempuan menjadi pelopor yang artinya perempuan harus terlibat aktif memanfaatkan waktu untuk kegiatan yang positif, bermanfaat dan mampu menginspirasi kaum perempuan lainnya.

“Atas Nama Pemerintah Kabupaten Nias, saya mengucapkan selamat memperingati HUT Kartini ke-145. Semoga perayaan HUT Kartini dapat menjadi momentum yang menginspirasi bagi perempuan Kabupaten Nias untuk memberikan yang terbaik bagi kemajuan Kabupaten Nias” Tutup Wakil Bupati Nias, sumber niaskab.go.id

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Nias, Unsur Forkopimda, Staf Ahli Bupati Nias, Asisten Sekda Kabupaten Nias, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, Kabag Lingkup Setda, Ketua TP PKK Kabupaten Nias dan Jajarannya, Ketua Persit Kartika Candra Kirana, Ketua Bhayangkari, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Nias dan Jajarannya, Camat se-Kabupaten Nias dan Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kabupaten Nias. (Restu Aceh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/