Penyuluh Hukum Kanwil Kalbar Gelar Lomba Cerdas Hukum Bagi WBP Lapas Perempuan -

Penyuluh Hukum Kanwil Kalbar Gelar Lomba Cerdas Hukum Bagi WBP Lapas Perempuan

0
Spread the love

PONTIANAK, suaralintasindonesia.com – Dalam rangka penyebar luasan informasi hukum keseluruh lapisan masyarakat, Penyuluh Hukum Kanwil Kemenkumham Kalbar bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di wilayah kota Pontianak menggelar Cerdas Hukum bagi Warga Binaan di Lapas Perempuan Kelas IIA Pontianak, pada Jumat (11/11/22).

“Kegiatan Lomba Cerdas Hukum bagi Warga binaan ini merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan kesadaran hukum masyarakat,” ujar Andy Hermawan, Kepala Sun Bidang Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum dan JDIH Kanwil Kemenkumham Kalbar.

Ia menilai, pelaksanaan penyuluhan hukum ini merupakan hal yg penting untuk memenuhi kebutuhan akan akses informasi hukum bagi warga binaan.

“Selain itu juga bertujuan untuk memberikan arahan yg tepat agar Warga Binaan dapat menyadari dan menyesali apa yg telah di perbuat sebelumnya. Materi lomba adalah mengenai undang-undang narkotika dan psikotropika, undang-undang bantuan hukum dan Perseroan Perorangan,” terangnya.

Kegiatan lomba cerdas Hukum diikuti oleh 25 Warga Binaan yang di bagi menjadi 5 kelompok peserta.

Lomba terdiri dari dua babak yaitu babak bonus dan bakak rebutan.
Antusiame Warga Binaan dalam mengikuti kegiatan Lomba Cerdas Hukum Sangat Baik, dibuktikan dengan perolehan score yang sangat tinggi.

Semua pertanyaan yang diberikan oleh panitia dapat dijawab dengan baik oleh Warga Binaan. Adapun urutan juara dalam lomba Cerdas Hukum dalam kegiatan ini antara lain:

1. Juara 1 : Kelompok Bogenvil dengan score 800

2. Juara 2 : Kelompok Sakura dengan score 700

3. Juara 3 : Kelompok Kamboja dengan score 600

4. Juara Harapan 1 : Kelompok Mawar dengan score 500

5. Juara Harapan 2 : Kelompok Anggrek dengan score 480

Para juara lomba cerdas hukum ini diberikan hadiah berupa bingkisan dan Piagam Penghargaan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat sebagai bentuk apresiasi atas prestasi dan antusiame Warga Binaan dalam mengikuti kegiatan ini.

Andy berharap hasil dari kegiatan lomba cerdas hukum ini dapat menambah wawasan terhadap informasi hukum sehingga dapat menumbuhkan kesadaran hukum bagi Warga Binaan untuk tidak mengulangi perbuatannya dan dapat diterima Kembali di tengah-tengah masyarakat.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat dijadikan sebagai contoh dalam melakukan pengembangan pembinaan terhadap warga binaan di Lembaga pemasyarakatan lainnya,” pungkasnya.(Atin_*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/