Jakarta || suaraluntasindonesia.com, 22/09/2022,  Sejumlah Anggota Komisi X DPR RI memberikan apresiasi dan pujian kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali karena berhasil meningkatkan prestasi olahraga Indonesia. Meskipun, dengan anggaran yang minim dibandingkan dengan kementerian lain.

Hal ini disampaikan sejumlah Anggota Komisi X DPR dalam rapat kerja pembahasan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-K/L) Kemenpora tahun 2023 di Ruang Rapat Komisi X DPR, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (22/9).

Salah satu yang menyampaikan hal itu adalah anggota dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhammad Kadafi. “Memang kalau bicara prestasi, Kemenpora ini walaupun anggarannya sebelumnya kecil, tambah kecil, tambah kecil terus. Tapi bicara prestasi cukup luar biasa. Selama pak Zainudin Amali ini prestasinya cukup luar biasa,” ujar Muhammad Kadafi.

Menurutnya, kedepan Menpora Amali kembali diuji dengan terbatasnya anggaran. Namun, harus menyelenggarakan sejumlah event olahraga tingkat internasional. Terlebih lagi, saat ini masyarakat sudah mulai gemar dalam berolahraga.

“Mudah-mudahan dengan nanti kolaborasi Mas Menteri, Kemdikbud atau dengan mitra lainnya mudah-mudahan bisa mendorong tingkat pertumbuhan prestasi olahraga di Indonesia,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Anita Jacoba Gah, Anggota Komisi X DPR RI F-Demokrat. Meski ada peningkatan dari tahun sebelumnya, namun dia mengaku prihatin dengan anggaran Kemenpora saat ini.

“Kami prihatin dengan anggaran Kemenpora. Tapi kami bangga, walaupun anggaran tidak seperti kementerian lain, tapi bapak memilki semangat yang luar biasa yang tidak dimiliki kementerian lain. Itu yang luar biasa dari Kemenpora. Terbukti dengan anggaran yang kecil tapi bapak bisa memberikan yang terbaik untuk bangsa ini,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ledia Hanifa menyampaikan hal senada. Menurutnya, anggota di DPR perlu lebih meyakinkan lagi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) agar bisa mengalokasikan anggaran yang lebih besar lagi untuk pemuda dan olahraga.

“Kalau kita bicara Kemenpora nanti kedepan hal-hal yang berkenaan dengan bagaiamana optimalisasi pemuda Indoneisa, peningkatan, pembinaan dan penguatan menjadi bagian yang sangat penting dan perhatian kita semua. Tentu dengan anggaran dan konsep. Dengan adanya Desain Besar Pemuda Indoneisa sehingga nanti langkah pemuda Indonesia bisa terarah,” jelasnya.

Dalam Raker yang dipimpin Ketua Komisi X DPR Syaiful dan didampingi Hetifah Sjaifudin, Komisi X DPR menyetujui pagu anggaran Kemenpora sebesar Rp2.530 093.157 000. Jumlah ini meningkat dari jumlah pagu Kemenpora tahun 2022 Rp 1.948.783.392.000.

Menpora Amali pun menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Komisi X DPR yang sudah menyetujui pagu anggaran Kemenpora tahun 2023 setelah proses pembahasan di Badan Anggaran (Banggar) bersama Menteri Keuangan (Menkeu).

“Tentu saya merasa terharu atas dukungan yang luar biasa dari Komisi X, baik pimpinan maupun anggota. Ini adalah pekerjaan kita bersama, bukan hanya Kemenpora dan teman teman yang di Banggar sudah bekerja keras. Mudah-mudahan apa yang sudah disetujui bisa kami manfaatkan dengan sebaik-baiknya, dengan semaksimal. Dan target yang sudah kita tetapkan akan bisa tercapai,” harapnya.(red_sli.com)