Melalui Program YES, TJSL PT.PIM Gerakkan Pogram Jamur Dewantara -

Melalui Program YES, TJSL PT.PIM Gerakkan Pogram Jamur Dewantara

0
Spread the love

ACEH,suaralintasindonesia.com Melalui Program Youth Entrepreneur Ship (YES) TJSL PT. Pupuk Iskandar Muda menciptakan satu lagi program unggulan yang mempunyai prospek bagus dan sesuai dengan minat para pemuda di kecamatan Dewantara, yaitu program Sentral Jamur Dewantara.

Assistant Vice President TJSL PT PIM Jufri mengatakan program Sentral Jamur Dewantara terinisiasi oleh keahlian anak-anak muda dalam hal budidaya jamur tiram.

“Awalnya kita melakukan mapping untuk mencari tau potensi dan minat pemuda di Desa Uteuen Geulinggang. Lalu dari hasil mapping tersebut ditemukan bahwa para pemuda desa setempat pernah dibekali cara membudidayakan jamur tiram. PIM melihat prospek yang sangat bagus jika budidaya jamur di desa ini dikembangkan dengan didukung SDM yang memadai,” ungkapnya.Pada Rabu, (14/9).

Untuk tahap awal, TJSL PT PIM membantu dua kelompok usaha yaitu ‘Koelat Dewa Mushgrow’ dan ‘Jamur Geulinggang’. Koelat Dewa Mushgrow memiliki kapasitas kembung 10.000 baglog dan dibantu 6.500 baglog oleh PIM serta dukungan penyelesaian kembung seluas 5.5 x 10 m2. Sementara untuk kelompok Jamur Geulinggang dibantu sebanyak 1.400 baglog dengan skema Kemitraan. Kelompok ini sudah mendapatkan hasil panennya, dan dari hasil panen tersebut diputar kembali untuk pengadaan bibit sebanyak 2.500 baglog yang akan dipasok dalam waktu dekat ini.

Diharapkan para pemuda yang tergabung dalam kelompok Koelat Dewa Mushgrow dan Jamur Geulinggang dapat mengembangkan usahanya menjadi pelaku UMKM di bidang olahan jamur dan bisa mendapat pasar tersendiri baik di dalam maupun luar daerah.

“Seluruh pelaksanaan program YES tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama dengan Dinas terkait di Kabupaten Aceh Utara dan juga Provinsi,” tambah Jufri.

Vice President PKBL & Humas Zulhadi menambahkan Perusahan dan Manajemen mengupayakan yang terbaik bagi masyarakat sekitar perusahaan. Berbagai usaha untuk memberdayakan masyarakat di berbagai kalangan akan terus dilakukan secara berkelanjutan.

“Kami melihat antusiasme masyarakat bekerjasama dengan perusahaan dalam berbagai hal positif untuk membangun sumber daya manusia yang siap bersaing di pasar kerja maupun kemandirian usaha untuk mendukung finansial maupun kreatifitas yang bernilai guna terhadap diri sendiri maupun lingkungan sekitar,” ungkapnya.

PT Pupuk Iskandar Muda melalui unit TJSL nya akan terus berinovasi dalam hal membangun masyarakat sekitar perusahaan menjadi masyarakat mandiri dengan berbagai upaya yang akan dilakukan.

Pada tahun 2021 terbukti capaian kinerja TJSL PT PIM meduduki peringkat ke-2 pelaksanaan TJSL terbaik perusahaan yang berada di Provinsi Aceh dan berhasil membantu meningkatkan kinerja Pemerintah Aceh.

Selain itu PT PIM mendapat peringkat terbaik bintang 4 dalam pelaksanaan TJLS bidang Sosial di ajang CSR Award BUMN Track yang diikuti oleh seluruh perusahaan BUMN di Indonesia.

Capaian-capaian tersebut menjadi salah satu bukti bahwa PT PIM benar-benar telah melaksakan amanah perusahaan dan negara dalam hal Tanggung Jawab Sosial Lingkungan.(red*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/