PILWU Sebagai Ajang Pesta Demokrasi Yang Sesungguhnya -

PILWU Sebagai Ajang Pesta Demokrasi Yang Sesungguhnya

0
Spread the love

Cirebon, suaralintasindonesia.com – Selesai sudah pesta demokrasi pada Pemilihan Kuwu (Pilwu) serentak yang diikuti oleh 476 orang Calon Kuwu yang terdiri dari 436 laki-laki dan 40 Wanita yang tersebar di 135 Desa, dan 38 Kecamatan se-Kabupaten Cirebon yg digelar pada hari Minggu 21 November 2021.

Kami sangat bangga kepada warga masyarakat yang tidak terpancing oleh isu-isu negatif yang bisa merusak tatanan demokrasi di Kabupaten Cirebon yang telah lama diusung sejak 5 abad yag lalu. Kami juga mengapresiasi kepada para penyelenggara Pilwu yang mampu bersikap netral dan profesional dalam menjalankan tugas-tugasnya, sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan tertib, aman, kondusif dan terkendali.

Patut diketahui bahwa pesta demokrasi ini (bagi sebagian masyarakat desa) dianggap sebagai pertarungan politik yang mempertaruhkan harkat, derajat dan martabat pribadi yang membawa serta keluarga besarnya. Dimana semua kekuatan dipertontonkan secara terbuka dan secara langsung, baik kekuatan lahiriah (materi) maupun kekuatan spiritual yang melebihi keterikatan emosional pada pertarungan pilkada.

Ada sebuah pandangan yang berpendapat bahwa faktor yang mempengaruhi kemenangan seseorang dalam kompetisi politik tersebut adalah; Pertama, faktor internal yang berasal dari diri pribadi si calon tersebut, seperti faktor integritas, moralitas, kapasitas, dan kapabilitasnya. Kedua adalah faktor eksternal yang disebabkan oleh faktor uang (money politic) yang disinyalir sebagai faktor dominan pemenangan Pilwu.

Fakta membuktikan bahwa banyak petahana yang terpilih kembali, banyak pula yg gugur dalam kompetisi pilwu serentak ini. Hal ini dimungkinkan adanya faktor lain selain faktor yang telah disebutkan di atas, misalnya gaya kepemimpinan, dedikasi, integritas dan pengabdiannya selama dia memimpin yang dijadikan sebagai dasar pertimbangan objektif bagi para pemilih rasional walau peresentasenya relatif lebih kecil.

Siapapun pemenangnya harus diterima oleh semua pihak, karena kita yakin bahwa dia adalah orang terbaik dari yang baik. “Selamat kepada para Calon Kuwu dengan Perolehan Suara Terbanyak pada Pemilihan Kuwu Serentak di Kabupaten Cirebon Tahun 2021.”  Tetaplah menjadi orang baik yang bisa dicintai oleh seluruh warganya. (Kabiro/Asr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/