Bangun Ekonomi Mandiri Federasi Seikat Buruh Millitan (SEBUMI) Jabar Bentuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) -

Bangun Ekonomi Mandiri Federasi Seikat Buruh Millitan (SEBUMI) Jabar Bentuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

0
Spread the love

Bandung | suaralintasindonesia.com Berawal dari adanya Pemutusan Hubugan Kerja (PHK) terhadap 10 orang buruh pabrik dan berdampak tidak adanya pekerjaan yang tetap, Pengurus federasi Serikat Buruh Militan (SEBUMI) Jawa Barat, merintis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berupa makanan ringan “Sumpia”. Yang bisa di Jadikan sebagai salah satu penopang kebutuhan ekonomi walaupun tidak bisa menutupi semua kebutuhan hidup kami. Ungkap Ketua Federasi Serikat Buruh Militan ( SEBUMi) ibu Aminah di Serikat Federasi Buruh Militan ( Sebumi ) Jawa Barat ( 19/11/2021).

Aminah menjelaskan, dari hasil rapat pengurus, kami berusaha mencoba membuat makanan kecil – kecilan berupa sumpia rebon ebi dan berawal dari modal sebesar 150 ribu dan di coba dari hasil proses pembuatannya terasa cocok untuk dipasarkan.

” Anggota UMKM sendiri sekarang baru 10 orang, mudah-mudahan kedepannyakami berharap produksi ini bisa membuka lapangan pekerjaan supaya kawan-kawan untuk tidak selalu berfikiran kerja di pabrik saja,  dan saya selalu memberikan pemahaman kepada anggota bahwa jangan melihat perusahaan sekarang masih kecil, karena Perusahan yang besar juga melalui proses dan berawal dari kecil”. tegasnya

Aminah mengatakan pembentukan UMKM sendiri sebagai implementasi dari kemandirian ekonomi kreatif, kita harus bisa berdiri sendiri tanpa harus selalu mengandalkan bekerja di pabrik. UMKM ini juga minimalnya bisa membantu beban pemerintah dalam mengatasi penganguran, sehingga kedepannya saya berharap produsksi sumpia ini bisa bekembang pesat sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan baru terhadapa masyarakat yang masih mengangur” tegasnya.

Salah seorang anggota UMKM , ibu Sri, menambahkan , Pembuatan sumpia perharinya bisa produksi 4 sampai 8 kilo, walaupun untuk bulan sekarang sedikit menurun, berbeda dalam menghadapi libur panjang atau hari – hari besar lainnya bisa mencapai 10 kg lebih.

” Untuk kemasannya bermacam-macam ada yang 1 kg dengan harga RP 55.000 ada yang 1,5 kilo dan 1/4 kg.
Bagi masyarakat yang berminat untuk mencoba sumpia kami bisa membeli langsung ke tempat kami dan bisa menerima pesanan, Tuturnya. ( A. Rojak )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/