Desa Teluk Belukar Laksanakan Pelatihan dan Pembinaan LPM. -

Desa Teluk Belukar Laksanakan Pelatihan dan Pembinaan LPM.

0
Spread the love

GUNUNGSITOLI, SUARA INDEPENDENTNEWS. ID

Pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Teluk Belukar Kecamatan Gunungsitoli Utara Kota Gunungsitoli mengikuti Pelatihan dan Pembinaan LPM bertempat di Balai Pertemuan Umum Desa Teluk  Belukar, Rabu (7/10).

Kegiatan tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh Otorius Zega (Perangkat Desa) dan disusul dengan Doa yang dibawakan oleh salah seorang peserta pelatihan.

Dalam laporannya Ketua tim kegiatan pelatihan dan pembinaan LPM, Yason Dawolo menyampaikan bahwa, kegiatan pelatihan dan pembinaan LPM merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengurus LPM di tingkat Desa.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari dan anggarannya bersumber dari dana  APBDes Teluk Belukar Tahun Anggaran  2020,  pelaksanaan pelatihan dan pembinaan LPM Desa Teluk Belukar selalu mengedepankan protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah guna mencegah  Covid-19.

Sementara Kepala Desa Teluk Belukar, Fatizanolo Mendrofa dalam  arahan dan bimbingannya menyampaikan apresiasi kepada tim pelaksana atas terselenggaranya kegiatan tersebut dan berharap kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan dengan baik sehingga materi yang disampaikan oleh narasumber dapat dicermati dan diimplementasikan dalam menjalankan peran sebagai pengurus LPM di Desa Teluk Belukar.

“LPM sebagai lembaga yang ada di Desa Teluk Belukar agar menjadi Pionir semangat pembangunan agar masyarakat mau bergotong royong guna mewujudkan Desa Teluk Belukar yang maju dan lebih baik lagi”.

Karena pada hakikatnya LPM  membantu Kepala Desa  dalam pelaksanaan urusan pembangunan, sosial kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

Diakhir arahannya Kades Teluk Belukar membuka secara resmi kegiatan Pelatihan dan Pembinaan LPM Desa Teluk Belukar. 

Usai arahan dan bimbingan  Kepala Desa, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh Narasumber dari Dinas PMD/K Kota Gunungsitoli yakni Asalman Jaya Lase/Sekretaris Dinas PMD/K dan Bakhtiar Zebua/Kabid Pemas menyampaikan bahwa,  Pelatihan dan Pembinaan LPM bertujuan untuk  meningkatkan  kesadaran masyarakat dalam kehidupan berbangsa  dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian pembangunan, meningkatnya kemampuan  masyarakat sebagai sumber daya manusia, meningkatnya ekonomi kerakyatan  dalam upaya pengentasan kemiskinan.

Pantauan awak media, kegiatan pelatihan dan pembinaan LPM di Desa Teluk Belukar berjalan lancar dengan penuh antusias para peserta mengikuti kegiatan tersebut. (Fariz Larosa/Aa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/