POLSEK SINGAPARNA LAKUKAN PENGAMANAAN PELAKSANAAN TEST PCR MASSAL DIPUSKESMAS TINEWATI -

POLSEK SINGAPARNA LAKUKAN PENGAMANAAN PELAKSANAAN TEST PCR MASSAL DIPUSKESMAS TINEWATI

0
Spread the love

Tasikmalaya-Suaraindependent.id_

Kapolsek Singaparna Kompol Kresno Sutopo, SH bersama Bhabinkamtibmas Desa Singasari Polsek Singaparna Aipda Suyanto pada rabu (24/06/2020) melaksanakan kegiatan monitoring dan pengamanan pada pelaksanaan test PCR massal dipuskesmas Tinewati Desa Singasari Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya.

Kapolsek Singaparna Kompol Kresno Sutopo, SH menyampaikan bahwa kegiatan test PCR ini merupakan salah satu Program Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas Kesehatan dalam pelaksanaannya diserahkan kepada Dinas Kesehatan setempat yaitu UPTD Puskesmas Tinewati.

Imbuh Kompol Kresno Sutopo pada kesempatan ini ada 24 orang yang telah mendapatkan pelayanan Test PCR di UPTD Kesehatan kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya dan selama proses pelaksanaan kegiatan tersebut tetap diberlakukan sesuai protokol kesehatan dalam rangka penanganan covid 19, baik para petugasnya yang memeriksa maupun warga masyarakat yang diperiksa atau ditest, paparnya.

Sementara ditempat yang sama kepala UPTD Puskesmas Tinewati H. Dais menjelaskan bahwa PCR atau Polymerase Chain Reaction adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus.
Saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit covid19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus corona, Material genetik yang ada didalam setiap sel, termasuk didalam bakteri atau virus, bisa berupa DNA (deoxyribonucleic acid) atau RNA (ribonucleic acid). Kedua jenis materi genetik ini dibedakan dari jumlah rantai yang ada di dalamnya. Keberadaan DNA dan RNA ini akan dideteksi oleh PCR melalui tekhnik amplifikasi atau perbanyakan.
Nah dengan adanya PCR, keberadaan material genetik dari beberapa jenis penyakit akibat infeksi bakteri atau virus akan bisa dideteksi dan akhirnya bisa membantu diagnosis untuk penyakit tersebut, jelasnya.

Lanjut H. Dais Selain untuk mendiagnosis sejumlah penyakit diatas, test PCR juga digunakan untuk mendeteksi virus corona penyebab covid 19.
Covid 19 adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 yang lebih sering disebut virus corona.
Yang mana virus Corona sebagai penyebab Covid19 ini merupakan jenis virus RNA, pungkasnya.

Pewarta : Abucek
Ka PerWil JaBar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/