INI RENCANA YG AKAN DILAKUKAN OLEH NANANG NURJAMIL, SALAH SATU KANDIDAT CABUP YG DIWACANAKAN OLEH PARA NETIZEN -

INI RENCANA YG AKAN DILAKUKAN OLEH NANANG NURJAMIL, SALAH SATU KANDIDAT CABUP YG DIWACANAKAN OLEH PARA NETIZEN

0
Spread the love

Tasikmalaya,newssuarindependent.id_ menyambangi rumah salah satu kandidat yg ramai dibicarakan di medsos untuk menjadi balon bupati Kab. Tasikmalaya periode yg akan datang, beliau adalah Ir. Nanang Nurjamil.MM yg biasa dipanggil “kang Jamil”. Newsuaraindependent mencoba menggali kesiapan, gambaran visi dan misi serta program strategis apa yg akan kang Jamil lakukan ketika dia mendapatkan amanah dari rakyat untuk menjadi Bupati Kab. Tasikmalaya. Berikut yang kang Jamil sampaikan kepada kami dari newsuaraindependent :

Kalau ditanya kesiapan, Insya Allah saya lahir dan bathin siap jika memang saya mendapatkan amanah dari masyarakat dan tentunya ada ridho dari Allah Subhanahuwata’ala. Terkait dengan visi dan misi, simpel saja Visi saya yaitu : Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kab. Tasikmalaya yg akan diwujudkan melalui 5 misi startegis, yaitu : (1) Pemberantasan KKN disemua tingkatan birokrasi dan instansi, (2) Peningkatan dan perbaikan sarana dan prasarana, (3) Peningjatan PAD, (4) Perbaikan ekonomi masyarakat dan (5) Mewujudkan pemerintahan melalui konsep good governance. Ke 5 misi ini akan dicapai melalui 9 program startegis, yaitu : 1. Pemberdayaan UKM dan pembukaan lapangan pekerjaan, 2. Penerapan gaji UMK untuk semua tenaga honorer dan kaum buruh, 3. Peningkatan Pendidikan Moral keagamaan, 4. Penerapan transaparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan anggaran, 5. Peningkatan kualitas pendidikan saintifik learning, agama, seni bidaya dan olah raga, 6. Penerapan Farm integrity (pola pertanian terpadu), 7. Penerapan TIUDSP (Tasikmalaya Integrated Urban Developmen Sustainable Programme) atau Pembangunan daerah secara terintegrasi dan berkelanjutan, 8. Penerapan KIP (Keterbukaan Informasi Publik), 9. Perbaikan kuantitas dan kualitas pelayanan publik melalui penerapan “the best public satisfaction” atau memberikan pelayanan publik yg terbaik.

Insya Allah mudah-mudahan bisa terlaksana programnya dan tercapai visi, misi serta programnya secara maksimal dan signifikan, kunci keberhasilannya adalah komitmen, konsistensi dan kerja keras semua pihak dalam bingkai kebersamaan. Ditanya tentang fokus daerah prioritas garapan pembangunan, kang Jamil menyampaikan bahwa prioritasnya adalah wilayah Tasik Selatan, mengingat pembangunan di wilayah tasela selama ini cenderung ketinggalan atau terabaikan, kaena faktanya dari 189.000 jumlah warga masyarakat miskin, terbanyak berada di wilayah Tasela, begitupun dari total 600 Km panjang jalan yg rusak, juga kebanyakan di wilayah Tasela, selain itu ada banyak sumber daya alam (natural resources) di Tasela yg selama ini salah tatakelola dan belum dieksplor secara maksimal, sehingga tidak berdampak yg signifikan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat Tasela, seperti contoh eksploitasi tambang pasir besi selama ini, bukannya memberikan kontribusi maksimal bagi peningkatan perekonomian masyarakat tasela, fakta yg terjadi adalah kerusakan alam dan infrastruktur jalan, disampimg itu ada banyak potensi wisata alam, kehutanan, pertanian yg juga belum tergali dan dimanfaatkan secara optimal.

Karena itu kalau saya terpilih nanti mungkin saya akan lebih banyak berkantor di wilayah Tasela, di gebu nanti yg urus admnistrasi dan birokrasi kita serahkan kepada wakil, sekda dan para asda, bagi tugaslahbsupaya peran atau tupoksi semua pejabat jadi maksimal. Demkian disampikan kang Jamil kepda awak media newsuaraindependent. Menyangkut soal kemungkinan pemilihan kepala daerah dikembalikan lagi ke DPRD, kang Jamil menanggapainya dg santai “ya tidak masalah, apalagi kalau sy sebagai kader dari Gerindra mwndapatkan dukungan dari partai Gerindra Kabupaten Tasikmalaya, sudah ada 10 kursi ya sebagai modal utk maju”. Terakhir ditanya soal adanya netizen yg mengharapkan bupati kedepan harus orang asli dari kabupaten, kang Jamil menanggapinya dengan mengatakan “lho saya ini pituin orang sukahideng, sukamanah Kab. Tasikmalay, kakek dan nenek saya orang asli Sukahideng, bahkan makam nenek saya (Alm. Nenek Dioh) itu makamnya persis didekat taman makam pahlawan KH. Zainal Musthafa.

Silahkan bisa dicek dan ditanyakan langsung ke pimpinan ponpes KH. Zainal Musthafa (kang KH. Acep Tohir), bisa juga ke ketua MUI kab Tasikmalaya dan pimpinan ponpes Sukahideng (kang KH. I’i Abdul Basyith) atau bisa juga ditanyakan ke paman saya Ketua NU kab. Tasikmalaya (KH. Atam Rustam)”. Lagipula kalau menurut pendapat saya berangkat dari fakta keberhasilan kepala daerah di berbagai daerah, key factornya bukan kepala daerah itu harus darimana asalnya, tapi yg paling penting itu adalah bagaima integritas, kompetensi dan kapabilitasnya dalam menyelesaikan persoalan2 pembangunan dan pelayanan publik yg dibutuhkan oleh daerah dan rakyat yg dipimpinnya. Kang Jamil mengahiri wawancara dengan kami awak media newsuaraindependent.(Abuchek@sni05)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!