Berperan Penting Dalam Dunia Pendidikan PKBM Perintis Hadir Untuk Mencerdaskan Masyarakat -

Berperan Penting Dalam Dunia Pendidikan PKBM Perintis Hadir Untuk Mencerdaskan Masyarakat

0
Spread the love

 

Kabupaten Sukabumi||Suaralintasindonesia.com – Pendidikan sekolah memainkan peran penting dalam membentuk individu, Seperti halnya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah lembaga pendidikan non-formal di Indonesia yang menyelenggarakan berbagai program pendidikan untuk masyarakat.

Salah satu contoh seperti PKBM Perintis yang berlokasi di Jl. Pasir Angin Ginanjar, Munjul, Kec. Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sudah meluluskan ratusan Siswa/i untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Bahkan beberapa alumni dari PKBM Perintis tersebut sudah meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi di beberapa universitas.

“Kami disini memberikan kesempatan belajar kepada masyarakat yang tidak dapat mengakses pendidikan formal, seperti anak-anak putus sekolah, orang dewasa yang buta huruf, dan masyarakat yang ingin meningkatkan keterampilan hidup atau profesional,” ucap Owin Sapiudin, S.Ag.MM, 24 Juni 2024.

Owin juga menambahkan pentingnya pendidikan adalah untuk membantu dalam membentuk karakter dan moral siswa. Melalui pendidikan moral dan etika, siswa belajar tentang nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerjasama.

“Pengembangan Keterampilan Sosial Di sekolah, siswa belajar berinteraksi dengan teman sebaya dan guru, mengembangkan keterampilan sosial yang penting untuk kehidupan sehari-hari dan dunia kerja.

“Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Sekolah menyediakan pengetahuan dasar dan keterampilan dalam berbagai mata pelajaran seperti matematika, sains, bahasa, dan sejarah, yang penting untuk perkembangan intelektual dan profesional.

“Persiapan untuk Karir Pendidikan sekolah mempersiapkan siswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi dan memasuki dunia kerja. Siswa memperoleh keterampilan teknis dan non-teknis yang dibutuhkan dalam berbagai profesi.

Kesempatan yang Lebih Baik Orang dengan pendidikan yang lebih baik cenderung memiliki peluang lebih besar dalam mendapatkan pekerjaan yang baik dan stabil. Pendidikan sekolah membuka pintu untuk peluang ekonomi yang lebih baik.

Kesetaraan Sosial Pendidikan membantu dalam mengurangi kesenjangan sosial dengan memberikan kesempatan yang sama bagi semua individu, tanpa memandang latar belakang ekonomi atau sosial mereka.

Pengembangan Kritis dan Kreatif Melalui pendidikan, siswa diajarkan berpikir kritis dan kreatif, yang penting untuk memecahkan masalah dan inovasi.

Kesehatan dan Kesejahteraan Pendidikan juga terkait dengan kesehatan yang lebih baik dan kesejahteraan. Orang yang berpendidikan lebih cenderung memiliki gaya hidup sehat dan akses yang lebih baik ke layanan kesehatan.

Secara keseluruhan, pendidikan sekolah adalah fondasi penting untuk pengembangan pribadi, profesional, dan sosial individu, serta untuk kemajuan masyarakat secara keseluruhan,” tandasnya

( Red )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/