Pejabat Bupati Majalengka Kunker Ketiga Perseroan Terbatas Di Wilayah Jatiwangi Dan Ligung -

Pejabat Bupati Majalengka Kunker Ketiga Perseroan Terbatas Di Wilayah Jatiwangi Dan Ligung

0
Spread the love

MAJALENGKA-JABAR || suaralintasindonesia.com – Pj. Bupati majalengka Dr. H. Dedi Supandi, S.STP., M.Si melakukan kunjungan kerja terhadap industri pabrik PT SWIFTILSINOTSINDO, PT HGA, serta PT SHOETOWN yang berada di kecamatan Jatiwangi dan Ligung Selasa 9 Januari 2024.

Hal tersebut dalam rangka agenda monitoring retribusi pengguna terhadap tenaga kerja asing serta validasi pengesahan RPTKA di Majalengka.

Selain itu Dedi juga ingin menanyakan terkait kebenaran informasi adanya keluhan dari masyarakat tentang adanya biaya rekruitmen tenaga kerja yang dilakukan sejumlah industri di kabupaten Majalengka.

Kunjungan diawali ke kecamatan Jatiwangi mengunjungi PT SWIFTILSINDO serta PT HGA yang berada di desa Sukaraja Wetan dan desa Andir.

Dalam kunjugan tersebut Dedi meninjau dan berdialog langsung dengan pihak manajemen pabrik terkait retribusi tenaga kerja asing (TKA) dan menampung keluhan dari pihak-pihak manajemen pabrik.

Dalam kunjungannya Pj. Bupati didampingi Sekda, Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan Koperasi dan UKM, Sekdis disnaker Koperasi dan UKM dan sejumlah pejabat lain yang ikut dalam rombongan.

Dalam keterangannya kepada awak media, Pj. Bupati mengatakan berdasarkan data sementara ada 246 TKA yang ada di kabupaten Majalengka beliau juga menyampaikan adanya biaya rekruitmen tenaga kerja yang selama ini terjadi di beberapa wilayah akan dilakukan monitoring dan evaluasi atau perbaikan sehingga masyarakat terhindar dari praktek percaloan rekruitmen tenaga kerja pabrik.

“Nanti kedepan akan dilakukan pembenahan terkait hal rekruitmen untuk tenaga pabrik melalui koordinasi kewilayahan dengan pelatihan ketenaga kerjaan yang akan di selenggarakan oleh 19 LPK yang ada di kabupaten majalengka”, tukas Dedi.

Hal ini dapat mengurangi beban masyarakat terhadap biaya rekruitmen pabrik yang selama ini sangat meresahkan sementara untuk retribusi TKA yang ada ada di majalengka kita tinggal meghitun devisa yang masuk ke pemda majalengka dari data sementara 246 orang×(1orang/bulan 100$)×(12 bulan)×kurs dolar ke rupiah itu besaran devisa yang harus masuk ke pemda di sektor retribusi TKA pertahun.

Sementara menurut WELLY TANUWIDJAJA selaku Direktur Oprasional PT SHOETOWN menyebut bahwa pihaknya tidak pernah memungut biaya rekruitmen yang selama ini di masyarakat di perusahan kami pekerja tidak ada istilah karyawan kontrak/outscorsing karyawan kami setelah mengikuti training selama 3 bulan langsung statusnya karyawan tetap dan terdaftar di bpjs ketenaga kerjaan kabupaten Majalengka jadi dalam bekerja di perusahaan ketika ada kecelakaan pihak bpjs siap. (abdul [email protected]).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/