Pemko Gunungsitoli Laksanakan Seminar Executive GDPK Tahun 2023 -

Pemko Gunungsitoli Laksanakan Seminar Executive GDPK Tahun 2023

0
Spread the love

Gunungsitoli , Suara Lintas Indonesia.Com ||

Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (P5A) Kota Gunungsitoli melaksanakan Seminar Executive Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) Tahun 2023. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Gunungsitoli Drs. Arham Dusky Hia, M.Si membuka secara resmi kegiatan ini, bertempat di Ruang Rapat III Kantor Walikota, Rabu (13/12/2023).

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Gunungsitoli dalam arahannya menyampaikan bahwa mewujudkan generasi yang mampu berperan aktif dalam kegiatan pembangunan harus ditopang oleh upaya yang terarah dan terencana melalui komponen peningkatan kualitas penduduk, baik dari bidang pendidikan, bidang kesehatan, maupun pemerataan ekonomi.

Sambungnya, untuk percepatan proses tersebut diperlukan suatu acuan bagi pembangunan kependudukan dimasa mendatang dari sisi kebijakan umum dalam bentuk Grand Design Pembangunan Kependudukan (GPDK) dengan berbagai pencapaian target.

Perumusan GDPK memberikan pedoman penyusunan Road Map Pembangunan Kependudukan masa sekarang dan masa mendatang. GPDK juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), dan Master Plan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan di Indonesia (MP3KI) sehingga merupakan bagian integral dari dokumen pembangunan.

“Saya menyambut baik kegiatan ini, dan kepada seluruh peserta kiranya dapat mengikuti seminar ini sampai selesai dan menjadikannya sebagai momentum strategis, demi terwujudnya kualitas pembangunan kependudukan melalui Grand Design ini, agar mampu kita wujudkan di Kota Gunungsitoli,” pungkasnya mengakhiri.

Seminar ini dihadiri beberapa Kepala Perangkat Daerah, Tim Penyusun GDPK, PKB PLKB Kota Gunungsitoli, dengan narasumber yakni:
1. Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappelitbang Kota Gunungsitoli Tomy Mary Wijaya Zebua, ST dengan materi “Arah kebijakan pembangunan kependudukan berdasarkan Ranjangan Awal RPJPD Kota Gunungsitoli 2025-2045”;
2. Kepala Badan Pusat Statistik Kota Gunungsitoli M. Ervin Sugiar dengan materi “Isu kependudukan, bonus demografi dan parameter demografi Kota Gunungsitoli”;
3. Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Provinsi Sumatera Utara Laura Ance Sinaga, SKM, MHSM, MPH dengan materi “Evaluasi Rancangan Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) Kota Gunungsitoli”. (RA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/