Maung Cold Storage, Komitmen Pangdam III/Siliwangi Untuk Nelayan Pesisir Pantai Selatan -

Maung Cold Storage, Komitmen Pangdam III/Siliwangi Untuk Nelayan Pesisir Pantai Selatan

0
Spread the love

KODAM III/SLW-MABES TNI || suaralintasindonesia.com – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P., berkomitmen penuh untuk memberikan solusi terbaik terhadap kendala para nelayan di pesisir selatan Jabar dengan meresmikan “Maung Cold Storage” di Garut, Selasa 6 Juni 2023.

Berlokasi di SMKN 5 Garut Desa Cikelet, Kec. Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Pangdam III/Slw didampingi Ketua Persit KCK Daerah III/Slw Ny. Mia Kunto Arief Wibowo meresmikan Maung Cold Storage sebagai solusi terhadap hasil tangkapan ikan para nelayan di pesisir pantai selatan Jabar yang selama ini terkendala dengan penanganan hasil lautnya sebelum di kirim ke segenap penjuru Jabar dan DKI Jakarta.

“Para nelayan di pesisir selatan mengeluhkan tentang hasil lautnya yang sering tidak laku dijual karena sudah busuk akibat tidak adanya alat penyimpanan yang dapat menampung ikan sebelum dibawa ke kota-kota besar. Disinilah, inovasi sebagai langkah solutif diperlukan untuk membantu menyelesaikan persoalan tersebut”, ujar Pangdam.

Maung Cold Storage dibangun atas inisiasi Kodim 0611/Garut dengan dimensi 18 x 14 meter dengan kemampuan membekukan ikan hingga 150 ton dalam waktu kurang dari 4 jam pada suhu -40 derajad celcius dengan mesin ABF atau suhu -20 derajad celcius dengan mesin freezer.

Dengan kemampuan tersebut diharapkan dapat memberikan tempo waktu bagi nelayan terhadap hasil lautnya agar terjaga kesegarannya sehingga tetap bernilai ekonomis.

Masyarakat, para pelajar serta unsur pemerintah Kabupaten Garut sangat antusias menyambut kehadiran Pangdam III/Slw beserta jajaran selama kegiatan di SMKN 5 Garut tersebut.

Di sela-sela kegiatannya, Pangdam juga memberikan bantuan sosial kepada anak-anak yatim piatu dan para orang tua jompo berupa paket sembako. Para pelajar diberikan dukungan sarana olah raga. Termasuk pesantren dan tempat ibadah diberikan Al Quran. Tidak ketinggalan para Babinsa Kodim 0611/Garut juga diberikan Katprapas untuk mendukung tugas kewilayahan.

Demi menjaga keberlanjutan hasil laut, dilakukan penebaran berbagai jenis bibit seperti udang vaname sebanyak 13.000 ekor, ikan bandeng sebanyak 8.000 serta kepiting sebanyak 200 ekor.

Pada penghujung kegiatan, Pangdam III/Slw meninjau produk UMKM masyarakat binaan dari Kodim 0611/Garut serta memborong seluruh produk untuk diberikan kepada masyarakat serta para pelajar setempat.

Turut hadir dalam kegiatan, Kapoksahli Pangdam III/Slw, Danrindam, Asrendam, para Asisten Kasdam, Dandenmadam, Kolonel Inf Hista Soleh Harahap, Kolonel Kav Eko Agus Nugroho, para Dan/Kabalakdam, Pa LO AL dan AU, Dandenintel serta pengurus Persit KCK Daerah III/Siliwangi. (Pendam III/Siliwangi, editor by [email protected]).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/