Lugas..... Pangdam III/SLW ; Ekonomi Kerakyatan Digerakkan Dari Daerah Pesisir -

Lugas….. Pangdam III/SLW ; Ekonomi Kerakyatan Digerakkan Dari Daerah Pesisir

0
Spread the love

KODAM III/SLW- MABES TNI || suaralintasindonesia.com – Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P., didampingi Ketua Persit KCK Daerah III/Slw Ny. Mia Kunto Arief Wibowo mengunjungi masyarakat pesisir pantai selatan di Desa Pananjung, Kabupaten Pangandaran, Selasa 6 Juni 2023.

Kehadiran Pangdam III/Slw bersama Dr. (H.C) Susi Pudjiastuti beserta rombongan ke wilayah pesisir dalam rangka untuk melihat secara dekat sekaligus memastikan bergeraknya ekonomi masyarakat pesisir pantai selatan dalam jangkauan visi pemerintah.

Hasil laut masyarakat pesisir pantai pangandaran cukup beragam dan memiliki potensi nilai ekonomi tinggi. Selain berbagai jenis ikan dan lobster, masyarakat juga menanam rumput laut.

“Rumput laut yang ditanam masyarakat Pangandaran dalam seminggu bisa mencapai 50 ton. Memiliki harga jual yang bagus, serta menjadi sumber mata rantai sumber makanan”, tutur Bupati Pangandaran.

Sementara itu Dr. (H.C.) Susi Pudjiastuti pada kesempatan itu menyampaikan kepada masyarakat bahwa kedatangan Pangdam dari Bandung membawa berbagai oleh-oleh untuk masyarakat pesisir Pangandaran. Terutama menuju penguatan ketahanaan wilayah melalui kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

“Kemanunggalan TNI dengan rakyat adalah semboyan yang terus kita jaga dan terus kobarkan kembali, karena bangsa akan kuat dan tangguh menghadapi krisis kalau ada soliditas antara masyarakat dengan aparat”, ucap Dr. (H.C.) Susi Pudjiastuti.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam bersama rombongan melihat secara langsung budidaya rumput laut sebagai alternatif pemberdayaan masyarakat pesisir. Rumput laut yang saat ini berusia 2 minggu sudah bisa di panen pada hari ke 45 dengan bobot maksimal tiap jaringan 4 Kg.

Mayjen TNI Kunto menyampaikan bahwa, upaya pengembangan kekuatan rakyat kita galang dengan mencarikan alternatif solusi melalui pemberdayaan wilayah dan pengelolaan wilayah yang dikaitkan dengan program pemerintah dalam keseimbangan pembangunan ekonomi kerakyatan.

“Kodam III/Slw memiliki komitmen untuk membantu masyarakat dengan menggerakkan ekonomi kerakyatan dari daerah pesisir”, ujar Pangdam.

Kegiatan sosial tidak luput dari rangkaian kunjungan Pangdam dengan memberikan bantuan sosial paket sembako kepada masyarakat Desa Pananjung, bantuan sarana olahraga kepada para pelajar, Al – Qur’an diberikan untuk tempat ibadah, paket susu untuk anak stunting serta Katprapas untuk para Babinsa Kodim 0625/Pangandaran.

Beranjak dari pesisir Pangandaran, Pangdam III/Slw dan rombongan terus bergerak menelusuri pesisir menuju Pantai Cemara Desa Mandalajaya Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya.
Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan kegiatan pemberian bantuan sosial berupa paket sembako, kursi roda serta Bios 44 DC.

Turut hadir dalam kegiatan Kapoksahli Pangdam III/Slw, Asrendam, para Asisten Kasdam, Dandenmadam, Kolonel Inf Hista Soleh Harahap, Kolonel Kav Eko Agus Nugroho, para Dan/Kabalakdam, Pa Lo AL dan AU, Bupati Pangandaran, Dandenintel serta pengurus Persit KCK Daerah III/Siliwangi. (Pendam III/Siliwangi, editor by [email protected]).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/