Kades Majingklak (Tarsam) Berharap P3 - TGAI Berkelanjautan -

Kades Majingklak (Tarsam) Berharap P3 – TGAI Berkelanjautan

0
Spread the love


Cilacap-Jawa Tengah,
suaralintasindonesia.com – Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air (P3-TGAI) yang dilakanakan pekerjaannya oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) setiap Desa lewat anggaran APBN salah satunya untuk pembuatan serta perbaikan irigasi bisa membuat tenang petani di daerah.

Salah satunya yang mendapatkan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air (P3-TGAI) adalah P3A Cihandeong Makmur Desa Majingklak Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dengan lokasi Daerah Irigasi (DI) Cikutahayu.

Menurut Kepala Desa Majingklak , Tarsam kepada awak media, menjelaskan, bahwa di desanya sedang melaksanakan salah satu kegiatan dari program perkumpulan petani pemakai air (P3A) sekitar sepanjang 330 meter dalam kegiatan perbaikan atau kegiatan rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi sesuai ketentuan yang ada di masyarakat.

“Bertujuan untuk meningkatkan kinerja irigasi desa guna kesejahteraan petani, peningkatan ekonomi masyarakat sekitar serta berkontribusi pada ketahanan pangan,” terangnya Rabu (24/05/2023)

Selanjutnya dalam kegiatan pelaksanaan P3A di dampingi oleh tenaga pendamping masyarakat (TPM) program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat di pedesaan.

“Kami berharap Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air (P3-TGAI) terus berlanjut karena masih banyak saluran irigasi yang belum diperbaiki/dibangun.setelah dibangun diharapkan masyarakat petani dapat merasakan manfaat dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani dengan meningkatnya hasil panen,” tandas Kades Tarsam.

Lebih lanjut,”kami atas nama para petani dan pemerintah desa Majingklak mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy khususnya OP SDA II, Yahya Yoshua Leander, SIKom., MT. atas terealusasinya program ini didesa Majiklak.” Imbuhnya.

Sementara ketua P3a Cihandeong Makmur,Cartum menambahkan, program ini sangat dibutuhkan sekali oleh para petani dan menunjang karena dapat meningkatkan tarap perekonomian bagi masyaraka petani disini.

“Diharapkan dengan di bangunnya saluran air irigasi Cikutahayu tersebut, masyarakat khususnya petani dapat mengatur debit air yang mengalir pada lahan sawah dan hasil panen dapat meningkat,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/