Kodim 0625/Pangandaran Gelar Bimtek Penanaman Budidaya Rumput Laut -

Kodim 0625/Pangandaran Gelar Bimtek Penanaman Budidaya Rumput Laut

0
Spread the love

KODIM 0625/PND-KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaralintasindonesia.com – Kodam III/Siliwangi menggelar program Bimbingan Teknis (Bimtek) penanaman budidaya rumput laut kepada para Babinsa Wilayah Kodim Pesisir Pantai Selatan, bertempat di Makodim 0625/Pangandaran jalan Raya Cigugur Dusun Sudahurip RT 05/05 Desa Cintakarya Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, Jum’at 5 Mei 2023.

Kegiatan diawali sambutan Dandim 0625/Pangandaran Letkol Arm Yusuf Andriyanto, S.E., menyampaikan, “Atas nama keluarga besar Kodim 0625/Pangandaran dan selaku pribadi, Saya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Bapak Keni selaku narasumber dan para peserta Bimtek di Kodim 0625/Pangandaran”, ucapnya.

Kegiatan Bimtek budidaya rumput laut ini merupakan program Kodam III/Siliwangi kepada para Babinsa dari Kodim jajaran pesisir pantai selatan yang meliputi Kodim 0622/Sukabumi, Kodim 0608/Cianjur, Kodim 0611/Garut, Kodim 0612/Tasikmalaya dan Kodim 0625/Pangandaran, yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi para Babinsa tentang budidaya rumput laut.

Kodim 0625/Pangandaran, merupakan Kodim baru yang dimana secara geografisnya terletak di wilayah pesisir dan pegunungan, dimana masyarakat mengendalikan pekerjaannya dari pertanian, perikanan, perkebunan dan wisata pantai, juga mendapat perintah dan ditunjuk sebagai penyelenggara Bimtek budidaya rumput laut oleh Kodam III/Siliwangi bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan serta menjadikan rumput laut sebagai salah satu komoditas unggulan sub sektor perikanan budidaya.

Rumput laut merupakan salah satu komoditas potensial dan dapat dijadikan andalan bagi upaya pengembangan usaha skala kecil dan menengah, yang sering disebut sebagai usaha menengah UKM.

Kodam lll/ Siliwangi mempunyai program terobosan untuk memberdayakan Babinsa pesisir guna dapat mengembangkan dan mendorong bagi warganya untuk dapat mengembangkan budidaya rumput laut, terutama di wilayah binaan dengan pengembangan yang berbasis kearifan lokal.

Pembudidayaan kekayaan laut memang menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati salah satunya budidaya rumput laut, untuk memulai bisnis budidaya rumput laut ini tidak sulit asalkan ada kemauan bisa dimulai dengan mudah dengan modal kecil.

Lebih lanjut Dandim 0625/ pangandaran menyampaikan, “Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh perwakilan para Babinsa yang di ikuti 48 orang yang Koramil nya memiliki daerah pesisir laut”, ujarnya.

Selanjutnya kegiatan pemberian materi oleh narasumber, Keni selaku pengusaha rumput laut, Inti materi yang disampaikan diantaranya;

Pertama, Pengembangan Budidaya Rumput laut Cottoni.
Kedua, Manfaat Rumput laut.
Ketiga, Proses budidaya.
Keempat, Metode Budidaya kantong Rumput laut.
Kelima, Pengembangan budidaya Rumput laut.
Keenam, Rumput laut Glacilaria basah dan proses packing.
Ketujuh, Pembibitan.

Kemudian dilanjutkan praktek tentang tata cara mengikat jaring (waring) ke tambang dan memilih bibit rumput laut yang bagus, serta memasang pancang yang benar.

Kegiatan diakhiri dengan peninjauan ke lokasi budidaya rumput laut di Pantai Timur Pangandaran.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Kasdim 0625/Pangandaran Mayor Czi Budi Ariyanto,
Pabandya Puanter Kodam III/Slw dan para Danramil/Pasi jajaran Kodim 0625/Pangandaran, perwakilan dinas KPKP Kabupaten Pangandaran dan perwakilan Babinsa dari masing-masing Kodim serta Para pendukung. (Pendam III/Siliwangi, Editor by [email protected]).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!