Dinas Pendidikan Bireuen Gelar Lomba Tahfizd Tingkat SMP Se-Kabupaten -

Dinas Pendidikan Bireuen Gelar Lomba Tahfizd Tingkat SMP Se-Kabupaten

0

Foto/sumber : InfoPublik*

Spread the love

BIREUEN, suaralintasindonesia.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Kabupaten Bireuen, menggelar lomba tahfizd al-quran jenjang sekolah menengah pertama (SMP) se-Kabupaten Bireuen tahun 2022 di Aula kantor dinas setempat, Selasa (18/10/2022).

Kasi Kur SMP yang juga selaku Ketua Panitia pelaksana, Azhari SPd MPd kepada awak media mengatakan, sejumlah 170 peserta mengikuti dua kategori cabang perlombaan, yaitu katagori 1 Juz, dan Kategori 2 Juz.

“Untuk kategori 1 juz, ada dua golongan yang diperlombakan, yaitu 1 juz SMP putra, dan 1 juz SMP putri. Sementara kategori 2 juz diperlombakan untuk dua golongan, yaitu golongan 2 juz putra dan golongan 2 juz putri,” kata Azhari.

Ia menyebutkan, beberapa syarat yang diperuntukkan kepada peserta lomba yaitu, pelajar harus masih aktif menempuh pendidikan di salah satu sekolah yang ada dalam Kabupaten Bireuen yaitu pada tingkat SMP.

Kemudian, peserta mendapat rekomendasi dari sekolah tempat ia belajar, peserta tidak boleh memilih 1 atau 2 kategori lomba sekaligus, dan peserta dianjurkan untuk memakai pakaian muslim.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP, M Nasir SPd menyebutkan, output dari kegiatan ini yaitu, sebagai sarana untuk memotivasi para pelajar di Kabupaten Bireuen agar lebih bersemangat dalam menghafal al-quran dan menyalurkan kemampuannya, sehingga lebih terasah dan percaya diri.

Selain itu, sebutnya, tujuan kegiatan ini supaya dapat menghidupkan budaya belajar membaca dan menghafal al-qur’an di tengah-tengah masyarakat sebagai sarana mendidik generasi Islami.

“Lomba ini juga sebagai bentuk implementasi dan evaluasi program Ghafran Sari, dan Kota Santri agar terwujud generasi Bireuen yang berkarakter islami, yang mampu bersaing pada event tingkat provinsi, nasional, dan internasional,” sebut M Nasir.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan, Muhammad Al Muttaqin SPd MPd mengatakan, lomba tahfizh al-qur’an dimaksudkan menjadi salah satu event yang dapat mendorong sekolah untuk membudayakan program membaca dan menghafal al-qur’an sebagai salah satu ukuran standar pendidikan di Bireuen.

“Dengan terlaksananya kegiatan ini, Dinas Pendidikan Bireuen berharap agar dapat lahirnya generasi hafizh di tingkat pelajar jenjang SMP di Kabupaten Bireuen, dan juga tumbuhnya semangat pelajar untuk menghafal al-quran sebagai pedoman hidup umat Islam,” sebut Kadis muda ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/