Dukung Ketahanan Pangan, Dandim 0111/Bireuen Bersama Forkopimda Tanam Jagung -

Dukung Ketahanan Pangan, Dandim 0111/Bireuen Bersama Forkopimda Tanam Jagung

0
Spread the love

Bireuen,suaralintasindonesia.com – Komandan Kodim 0111/Bireuen Letkol Inf M. Ali Akbar, S.I.P menghadiri acara kegiatan tanam jagung perdana dalam rangka pemanfaatan lahan kosong dan mendukung program ketahanan pangan Nasional yang ada di wilayah Kodim 0111/Bireuen, Acara tersebut bertempat di Desa Krueng Simpo Kecamatan Juli Kabupaten, Bireuen, Jumat (09/09/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tanam jagung perdana dalam rangka pemanfaatan lahan kosong ini antara lain P.J. Bupati Bireuen Dr Aulia Sofian,S.Sos M.Si, Dandim 0111/Bireuen Letkol Inf M.Ali Akbar, S.I.P, Kasdim 0111/Bireuen, Kadis Pertanian Bireuen, Direktur PT. Takabeya, Pasiter Kodim 0111/Bireuen, Camat Juli, Danramil 05/Juli, Kapolsek Juli, Kepala BPPK Juli.

Pada kegiatan tersebut Dandim 0111/Bireuen Letkol Inf M. Ali Akbar, S.I.P memberikan kata sambutan yang isinya antara lain ucapan rasa syukur kepada Tuhan YME atas rahmat dan karunianya kita semua dapat mengikuti kegiatan tanam jagung perdana ini Pangan merupakan komoditas penting dan strategis bagi bangsa Indonesia

Pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama, seperti yang diamanatkan oleh Undang-Undang No. 18 tahun 2012 tentang pangan. dalam undang-undang tersebut disebutkan pemerintah menyelenggarakan pengaturan, pembinaan, pengendalian dan pengawasan terkait pangan.

“Sementara itu masyarakat menyelenggarakan proses produksi, penyediaan, perdagangan, distribusi serta berperan juga sebagai konsumen yang berhak memperoleh pangan yang cukup dalam jumlah dan mutu yang aman dan merata serta terjangkau.

Pemerintah melalui para pelaku pertanian melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan secara terus menerus. namun hal ini belum berjalan secara maksimal mengingat pertambahan jumlah penduduk indonesia selalu lebih cepat dibandingkan dengan produksi pangan, sehingga kebutuhan pangan di indonesia akan selalu kurang, terlebih adanya pandemi covid-19 yang melanda hampir di seluruh belahan dunia tak terkecuali Indonesia,

Sehingga kebutuhan pangan tentunya akan meningkat. oleh karena itu, peningkatan pembinaan ketahanan pangan, perlu dilakukan oleh semua pihak salah satunya dengan memberdayakan satuan-satuan TNI AD di wilayah jajaran Kodam Iskandar Muda, ” Tuturnya.

Salah satu tugas TNI AD adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang bertujuan untuk membantu pemerintah menyiapkan potensi Nasional menjadi kekuatan pertahanan negara melalui penyelenggaraan binter dengan metode pembinaan perlawanan wilayah dengan tujuan untuk mewujudkan kekuatan pertahanan Aspek Darat serta menyiapkan potensi sumber daya alam khususnya logistik wilayah.

Dalam pelaksanaannya TNI AD melakukan pembinaan ketahanan pangan dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya alam/buatan secara efektif, efisien, ramah lingkungan dan berkelanjutan, imbuh Dandim.

Pemanfaatan lahan kosong ini adalah sebagai salah satu upaya Kodim 0111/Bireuen dalam rangka ketahanan pangan sesuai dengan arahan dari Pangdam IM guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan sinergitas antara Kodim 0111/Bireuen dengan Pemkab Bireuen khususnya di bidang pertanian, karena masalah pangan ini adalah tanggung jawab kita bersama, tegasnya.

Diakhir sambutannya Dandim 0111/Bireuen mengucapkan banyak Terima kasih kepada seluruh instansi yang terkait, dengan adanya sinergitas yang baik diharapkan semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua pada umumnya dan masyarakat Desa Krueng Simpo pada khususnya, selanjutnya pelaksanaan tanam jagung secara simbolis dilakukan oleh Dandim 0111/Bireuen beserta unsur Forkopimda Kabupaten Bireuen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/