FORUM EKRAF DAN KOMUNITAS KONVEKSI SABLON KARAWANG KOLABORASI PENGEMBANGAN EKONOMI KERAKYATAN -

FORUM EKRAF DAN KOMUNITAS KONVEKSI SABLON KARAWANG KOLABORASI PENGEMBANGAN EKONOMI KERAKYATAN

0
Spread the love

Karawang || suaralintasindonesia.com, Bertempat di Ajudan Kopi Karawang (16/5/2022), Forum Ekonomi Kreatif Karawang melakukan penandatanganan Kerjasama dengan Komunitas Konveksi Sablon Karawang (KKSK) terkait pengembangan ekonomi kerakyatan.

Acara yang digelar bersamaan dengan halal bihalal para pelaku sablon dan konveksi se-Karawang tersebut merupakan bagian dari aktivasi ekosistem kreatif lokal.

Wakil Ketua Ekraf, Luthi mengatakan jika kegiatan aktivasi digagas sebagai upaya membangun kolaborasi para pelaku sablon dan konveksi lokal agar keberadaanya bisa lebih diperhatikan oleh pemerintah daerah dan target market yang lebih luas.
“Jumlah pelaku usaha konveksi dan sablon di Karawang itu sangat banyak. Kami dari Forum Ekonomi Kreatif (Ekraf) merasa terpanggil untuk ikut mengaktivasi keberadaan ekosistem mereka supaya geliat usahanya bisa lebih luas dan menyerap tenaga kerja lebih banyak,” ujar Luthfi.

Ketua Komunitas Konveksi Sablon Karawang (KKSK), Budi, menyambut baik upaya Ekraf Karawang dalam menjalin kerjasama penguatan ekosistem. “Kami ingin menjalin kolaborasi dengan Ekraf dan juga pemerintah daerah agar potensi para pelaku konveksi dan sablon yang ada di Karawang bisa lebih diperhatikan. Kami melihat selama ini banyak kebutuhan konveksi dan sablon, baik di kalangan pemerintah ataupun industry yang lari ke luar daerah. Padahal di Karawang juga terdapat banyak sekali usaha konveksi dan sablon.”

Dalam acara yang dihadiri juga oleh Kepala Bidang Ekraf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang, dilakukan penandatanganan kolaborasi ekosistem antara Ekraf dan KKSK.
Ketua Forum Ekraf Karawang, Asep R Sundapura mengatakan bahwa dengan kolaborasi tersebut Ekraf berharap bisa berkontribusi dalam mendukung pengembangan industry lokal. “Salah satu point yang dihasilkan dalam kolaborasi itu adalah Ekraf akan memfasilitasi Komunitas Konveksi dan Sablon Karawang dalam beberapa hal seperti fasilitasi kantor sekretariat dan support promosi dan pemasaran.”

Sementara itu Kepala Bidang Ekraf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Karawang mengapresiasi adanya Kerjasama Forum Ekraf Karawang dengan KKSK. Menurut Adit, Kerjasama tersebut bisa berdampak positif pada pengembangan ekonomi kerakyatan di Karawang, terutama yang berkaitan dengan fashion. Karena konveksi dan sablon termasuk usaha penunjang sektor fashion di Ekonomi Kreatif.(F@jr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/