Laskar Macan Ali Memperkuat Aqidah Melalui Kegiatan Keagamaan. -

Laskar Macan Ali Memperkuat Aqidah Melalui Kegiatan Keagamaan.

0
Spread the love

Cirebon, suaralintasindonesia.com – Laskar Macan Ali Nuswantara selain banyak melakukan kegiatan sosial dan kemasyarakatan serta menjaga dan melastarikan budaya, Laskar Macan Ali Nuswantara juga melakukan kegiatan keagamaan.

Dalam kegiatan keagamaan Laskar Macan Ali Nuswantara ini, dikomandoi langsung oleh Gus Ali dan Dr.KH. Abas Fuad Hasyim (kang Babas) salah satu Pengasuh Pondok Pesantren Buntet Cirebon.

Gus Ali menyampaikan, bahwa kegiatan keagamaan tersebut sudah kordinasi dan seizin Prabudias selaku Pimpinan Laskar Macan Ali Nuswantara. Kegiatan keagamaan, selain untuk memperkuat silaturahmi, juga diisi dengan pembacaan Tahlil dan Do’a bersama untuk mendoakan para masyayik dan untuk memperkuat dan mempertebal Aqidah, ke-Iman-an dan ke-Islam-an kita bersama.

Didapat dari berbagai sumber informasi, bahwa sejatinya Laskar Macan Ali adalah sebuah Pasukan Khusus Kesultanan Cirebon di bawah kepemimpinan Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati.

Sebagai sebuah kesultanan atau kerajaan yang berdaulat pada saat itu, dimana sebuah bendera yang bernama Bendera Macan Ali inilah yang menjadi saksi sejarah kejayaan Pasukan atau Laskar Kesultanan Cirebon yang kemudian di kenal dengan nama Laskar Macan Ali.

Pasukan Laskar Macan Ali ini juga yang di kenal sebagai Pasukan dari Timur yang bersama Pasukan Kesultanan Demak bergabung dengan Kesultanan Banten dalam mengusir penjajah Portugis yang hendak menguasai Sunda Kelapa di bawah Komando Falatehan atau Fatahilah.

Dalam medan peperangan inilah bendera Macan Ali pernah di bawa ke Sunda Kelapa dan beberapa keturunan Pasukan Khusus Laskar Macan Ali kini tersebar di bumi Nusantara hingga hari ini.

Adapun Bendera Macan Ali kuno sampai sekarang masih tersimpan di Museum Tekstil Jakarta, namun yang ditampilkan untuk publik adalah bendera tiruannya. Bendera Macan Ali dibuat dengan teknik batik tulis dan bertanda tahun 1776.

Bendera Laskar Macan Ali banyak menyimpan jejak sejarah yang sangat kaya, sehingga perlu dipelajari dengan seksama oleh bangsa Indonesia, khususnya generasi muda.

Atas dasar itulah, Gus Ali sangat menginginkan seluruh anggota Laskar Macan Ali Nuswantara untuk memperdalam dari sisi keagamaan. Insya Allah, ketika anggota Laskar Macan Ali kuat Aqidah ke-Iman-an dan ke-Islam-annya, maka Laskar Macan Ali Nuswantara akan semakin kuat dari sisi bathiniah-nya.

Kegiatan keagamaan yang dibangun, bukan bermaksud menggeser bahkan menghilangkan tradisi kegiatan dari Laskar Macan Ali Nuswantara yang sudah ada, melainkan untuk saling melengkapi.

Insya Allah, dengan kegiatan ke-agama-an yang dilakukan bergilir ke setiap anggota Laskar Macan Ali Nuswantara, akan memperkuat Aqidah dari anggota Laskar Macan Ali Nuswantara lebih tebal lagi, dan lebih mencintai serta menjaga marwah Laskar Macan Ali Nuswantara, pungkasnya. (Kabiro/Asr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/