KKN-T UPI 2021 – Meningkatkan Literasi Baca Tulis Siswa/i SD Negeri Karang Asih 14 Dengan Memanfaatkan Channel YouTube “Dongeng Kita” Sebagai Media Pembelajaran Secara Daring -

KKN-T UPI 2021 – Meningkatkan Literasi Baca Tulis Siswa/i SD Negeri Karang Asih 14 Dengan Memanfaatkan Channel YouTube “Dongeng Kita” Sebagai Media Pembelajaran Secara Daring

0
Spread the love

Purwakarta || suaralintasindonesia.com Pandemi Covid-19 telah melanda dunia selama lebih dari 1 tahun lamanya dan memberikan dampak buruk bagi masyarakat baik dalam aspek ekonomi maupun Pendidikan. Oleh karena itu pemerintah menetapkan kebijakan kebijakan seperti social and physical distancing, pembatasan sosial berskala besar, hingga pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, membatasi mobilitas dan menjauhi kerumunan (5M) sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Dengan adanya kebijakan tersebut mengakibatkan seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap berada dirumah, bekerja dari rumah dan belajar dari dirumah serta membatasi aktivitas kegiatan diluar rumah.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat – Universitas Pendidikan Indonesia (LPPM-UPI) menyelenggarakan kegiatan tahunan yaitu Kuliah Kerja Nyata Tematik(KKN-T). Dengan mengusung tema “Pemberdayaan masyarakat melalui gerakan Literasi” yang dilaksanakan secara Daring guna mencegah penyebaran Covid-19.
KKN-T ini diikuti sebanyak 2685 mahasiswa/i yang melaksanakan KKN-T di daerah sesuai tempat tinggalnya, salah satunya yaitu Lanni Sister Fania dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UPI Kampus daerah Purwakarta, dengan dosen pembimbing lapangan Rizki Hikmawan, S.Pd., M.Pd yang melaksanakan kegiatan KKN-T di SDN Karang Asih 14, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
Literasi dalam bahasa Latin disebut sebagai literatus, yang berarti orang yang belajar.

Secara garis besar, literasi sendiri ialah istilah umum yang merujuk pada kemampuan dan keterampilan seseorang dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, juga memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan seseorang dalam berbahasa. Manfaat Literasi Meningkatkan pengetahuan akan kosa kata, Membuat otak bisa bekerja optimal, Menambah wawasan, Mempertajam diri dalam menangkap suatu informasi dari sebuah bacaan, Mengembangkan kemampuan verbal, Melatih kemampuan berpikir dan menganalis, Melatih fokus dan konsentrasi, dan Melatih diri untuk bisa menulis dan merangkai kata dengan baik.

Pada pelaksanaan KKN-T, Lanni Sister Fania salah satu mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Purwakarta memanfaatkan Channel YouTube “Dongeng Kita” guna meningkatkan literasi baca tulis siswa/i SD Negeri Karang Asih 14 dalam pembelajaran secara Daring.
Channel YouTube “Dongeng Kita” banyak menampilkan cerita rakyat tentang kepahlawanan, kehidupan sosial, saling menolong, dan orang yang rendah hati serta sabar.

Dalam video yang ditampilkan pada channel YouTube “Dongeng Kita” banyak pelajaran tentang konsekuensi (sebab akibat), jika bertindak buruk akan mendapatkan hal buruk dan sebaliknya. Pesan untuk mengasihi rajin jujur, dan tidak serakah.
Maka daripada itu pelaksanaan KKN-T UPI 2021 Gelombang 2 memanfaatkan YouTube sebagai media pembelajaran secara Daring guna meningkatkan minat baca dan tulis pada siswa/i di SD Negeri Karang Asih 14. Selain itu Guru dan orang tua dapat sama-sama membantu membimbing siswa/i dalam meningkatkan minat literasi baca dan tulis melalui Channel YouTube “Dongeng Kita”.

Penulis :
Lanni Sister Fania, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Purwakarta.
Rizki Hikmawan, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok 60.        editing@by:ikin.sindo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/