Normal Lagi Perkembangan Covid-19, Bupati Sampaikan Petunjuk Isolasi Mandiri -

Normal Lagi Perkembangan Covid-19, Bupati Sampaikan Petunjuk Isolasi Mandiri

0
Spread the love
Bupati Solok lakukan sosialisasi

Jum’at, 29 Januari 2021

Kab Solok–Suaraindependent.id– Kembali normal perkembangan kasus Covid-19 di Kab Solok, sumber data dari Dinkes Kab Solok mengatakan hal tersebut melalui Jubir Covid-19 Kab Solok Syofiar Syam, Terkait pengendalian dan penanganan serta pencegahan penyebaran covid-19, Jumat (29/1)

Jubir Covid-19 Syofiar Syam, S. Sos, M. Si menerangkan bahwa hari ini tidak ada penambahan pada kasus suspect dan pasien terkonfirmasi serta pasien positif kasus Covid-19 di Kabupaten Solok.

Untuk itu, jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di daerah Kabupaten Solok masih sama dengan kemarin, yakni sebanyak 752 orang, yang terdiri dari Karantina Mandiri sebanyak 54 orang, Dirawat 6 orang, Meninggal Dunia 18 orang dan pasien Sembuh sebanyak 674 orang.

Selanjutnya, untuk pemeriksaan Spesimen sudah dilakukan sebanyak 8.701 orang dan sebanyak 1.684 berasal dari kegiatan Pool Test Kabupaten Solok.

Syofiar Syam juga menyampaikan tentang Zonasi Daerah Kabupaten/ Kota di Provinsi Sumatera Barat telah ditetapkan pada minggu ke-46 pada tanggal 24 sampai dengan 30 Januari 2021, Kabupaten Solok berada dalam Zona Kuning atau Resiko Rendah.

Berikut, Syofiar Syam menyampaikan tata cara protokol isolasi atau karantina Mandiri dirumah bagi pasien Covid-19 adalah;

1. Tidak beraktivitas di luar rumah
Tidak boleh keluar rumah atau pergi ke tempat-tempat umum walaupun untuk bekerja. Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi layanan online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

2. Hindari kontak dekat dengan orang yang tinggal serumah, untuk berada di kamar yang terpisah dengan yang lainnya. Kamar harus memiliki ventilasi dan pencahayaan yang baik. Keluarga yang berinteraksi, untuk menjaga jarak atau physical distancing,

3. Pakai masker
Meski di rumah, tetap disarankan untuk mengenakan masker guna mencegah penularan kepada keluarga atau orang lain.

4. Gunakan perlengkapan terpisah
Gunakan piring, sendok, garpu dan gelas terpisah serta perlengkapan mandi, seperti handuk dan sikat gigi, juga harus terpisah dari penghuni rumah lainnya.

5. Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, mencuci tangan dengan sabun, minum air setidaknya 8 gelas dalam sehari dan konsumsi makanan yang bergizi, berjemur, olahraga ringan di bawah sinar matahari setiap pagi selama 15–30 menit

6. Hubungi rumah sakit
Apabila muncul keluhan baru atau keluhan yang Anda alami jadi memberat, misalnya demam tinggi disertai batuk dan sulit bernapas, hubungi rumah sakit atau hotline Covid-19 untuk mendapatkan perawatan. (Billy@nsi-id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/