Warga LK III Kel Pasar Laksanakan Gotroy Massal, Warga Harapkan Agar Pemko Gunungsitoli Anggarkan Pembangunan Sumur & Parit. -

Warga LK III Kel Pasar Laksanakan Gotroy Massal, Warga Harapkan Agar Pemko Gunungsitoli Anggarkan Pembangunan Sumur & Parit.

0
Spread the love

Gunungsitoli, Newssuaraindependent.id

Warga lingkungan III Kelurahan Pasar Kecamatan Gunungsitoli Kota Gunungsitoli laksanakan gotong-royong (Gotroy) masal di lokasi Permandian Umbu Afilaza, Sabtu (8/02/2020).
Kegiatan Gotong Royong ini dipimpin langsung oleh Lurah Pasar Gunungsitoli, Damaihati Laoli, S.STP, Kepala Lingkungan III Adrianus Zebua, Agusman Mendrofa/Ama.Kiren Sebagai Koordinator Lapangan, turut diundang Babinsa, Bhabinkamtibmas, Sekertaris, Kasi dan Staf Lurah Pasar , seluruh warga LK III serta warga pemakai air Umbu Afilaza.

Gotong royong ini berbentuk ; penggalian/dikuras tanah (sampah) yang ada dalam parit, pengurasan air dalam bak sumur, pembersihan seluruh sampah, rumput dan limbah- limbah dilingkungan sumur air bersih Umbu Afilaza.

Awal gotong royong ini didasari musyawarah warga pada tanggal 31 Januari 2020 di kantor Kelurahan Pasar Gunungsitoli, beberapa point keputusan hasil musyawarah telah di buat berita acara oleh Lurah dan Kepling Lingkungan III dan ditandatangani oleh warga.

Salah seorang warga Suar Natal Waruwu als Ama.Anggi Waruwu menyampaikan bahwa warga Lingkungan III sangat mengapresiasi Lurah Pasar yang telah menampung dan menindaklanjuti aspirasi warga selama ini, tentang , bila curah hujan tinggi sering mengakibatkan air parit ini meluap.

Ia sarankan bahwa warga membutuhkan penambahan pembangunan/ pemeliharaan fasilitas bangunan Air Sumur Afialaza, warga merasakan kebanjiran pekarangan belakang rumah jika curah hujan tinggi dan sampah kiriman dari daerah penggunungan desa Onozitoli keluar.

Dan juga warga meminta agar organisasi petugas/ pengurus kebersihan yang sudah vakum 5 Tahun agar diaktifkan . beberapa aspirasi ini diterima baik oleh Kepala linkungan (kepling) Adrianus Zebua serta Lurah Pasar Damaihati Laoli.

Demikian juga permintaan warga lingkungan III kelurahan Pasar Kota Gunungsitoli, kami memohon sekali kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Gunungsitoli, agar memperhatikan dengan serius apa kebutuhan pembangunan Air Bersih Umbu Afilaza ini, karena ribuan warga menggunakan air ini, bahkan warga disebahagian kota Gunungsitoli mengunakan air umbu ini sebagai kebutuhan keluarga.

Pantauan awak media ini, membenarkan bahwa kondisi lantai bak, parit sudah tidak layak dan air sering meluap dan masuk dalam bak penampung, serta bangunan baru Duiker Plat tidak tepat guna karena tiang tiang penyangganya mengahalangi aliran air sehingga air meluap didalam rumah warga, kiranya ada perhatian dan solusi dari instansi terkait, ucap warga kepada para awak media.(FL/Aa Wahyu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/