Pemkab Nias Laksanakan Sosialisasi Pencegahan Dan Pengurangan Risiko Bencana Di Kabupaten Nias -

Pemkab Nias Laksanakan Sosialisasi Pencegahan Dan Pengurangan Risiko Bencana Di Kabupaten Nias

0
Spread the love

Pemkab Nias Laksanakan  Sosialisasi Pencegahan dan Pengurangan Risiko Bencana di Kabupaten Nias

Nias, Newssuaraindependent.id_ Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias dalam hal ini Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Firman Yanus Larosa membuka secara resmi Sosialisasi Pencegahan dan Pengurangan Risiko Bencana di Kabupaten Nias bertempat di Gedung Serbaguna Desa Bozihona, Kecamatan Idanogawo, Kabupaten Nias, Selasa (19/11).

Pada kegiatan sosialisasi pencegahan dan pengurangan risiko bencana di Kabupaten Nias sangat penting bagi kita semua dimana selama ini selalu mengabaikan yang dikatakan apa itu bencana, ucap Firman mengawali  

Setda menjelaskan jika bahaya geologis dan bencana hidrometeorologi sangat rawan terjadi. Salah satu ancaman yang nyata di Indonesia adalah bahaya geologis berupa gempa bumi dan tsunami dalam skala besar. Kejadian bencana ini relatif tidak terlalu sering terjadi dibandingkan dengan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

Menurutnya, perencanaan tata ruang dan perencanaan pembangunan kurang memperhatikan risiko bencana. Kurangnya kemampuan dalam mengantisipasi bencana dapat terlihat dari belum optimalnya perencanaan tata ruang dan perencanaan pembangunan yang kurang memperhatikan risiko bencana. Minimnya fasilitas-fasilitas jalur evakuasi dan tempat evakuasi.

Beliau menambahkan, bahwa  terjadinya gempa bumi pada 2005 di Nias telah merubah paradigma pemerintah. Pemerintah telah mengubah paradigma manajemen penanggulangan bencana dari yang bersifat tanggap darurat menjadi paradigma pencegahan dan kesiapsiagaan serta pengurangan risiko bencana.

Setda kabupaten Nias  berharap agar kiranya peserta sosialisasi dapat menjadi embrio bagi masyarakat lainnya dan menyebarluaskan pengetahuan yang telah diterima kepada keluarga, tetangga dan kepada orang lain sehingga seluruh masyarakat Kabupaten Nias mampu mengetahui siap untuk selamat menghadapi bencana harapnya.(FL/Aa Wahyu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/