Ragam Kebiasaan Unik menghilangkan Penat Warga Di Pelosok Kampung -

Ragam Kebiasaan Unik menghilangkan Penat Warga Di Pelosok Kampung

0
Spread the love

Tasikmalaya, newssuaraindependent.id– Jum’at (18/10/2019). Tradisi yang turun temurun cara warga di pelosok kampung untuk menghilangkan rasa lelah dan  penat setelah seharian berkerja.

Salah satunya warga di kampung Bedeng Datar Kadaka Desa Cikupa Kec. Karangnunggal, apabila kemarau panjang tiba, warga disekitarnya beramai ramai berlomba membuat Kolecer atau Baling-baling yang terbuat dari kayu.

Kayu yang biasa digunakan seperti kayu Tisuk, Manglid, dan sejenisnya yang dinilai cocok untuk dijadikan bahan. Kata seorang warga.Dan proses pembuatannya butuh berhari hari sampai bisa jadi, katanya.

Bagi mereka yang tidak bisa membuat rela merogoh kocek saku nya untuk membeli.

Sebenarnya kesan apa yang mereka miliki ketika berkumpul sembari menyaksikan dan mendengar riuh gemuruh suara Kolecer itu?

Menurut mereka ketika ditanya, Kolecer itu merupakan bagian dari hiburan tersendiri. Selain itu sebagai sarana bercengkrama antara tetangga sambil Senda gurau minum kopi.

Kolecer/baling baling itu ketika kena tiupan angin yang kencang, akan mengeluarkan suara jeritan dan suara menderu deru, seolah ada kekuatan wibawa magis yang mempengaruhi rasa dan suasana tentram dan  ketenangan  jiwa.

Itu yang mereka ungkapkan saat ditemui pihak media ketika pada asik berkumpul menyaksikan riuhnya suara Kolecer tersebut.(Yat’s Kabiro Tasela).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!