Camat Gunungsitoli Mengajak Untuk Mensukseskan Seal Nias 2019 -

Camat Gunungsitoli Mengajak Untuk Mensukseskan Seal Nias 2019

0
Spread the love

Gunungsitoli, newssuaraindependent.id

Sesuai dengan surat Kepala Dinas PMD/K kota Gunungsitoli Nomor:412.31/941/DPMD/K/2019 tanggal 19 Juni 2019 perihal pembentukan tim pelaksana inovasi desa (TPID)  dan Nomor: 41.24/942DPMD/K/2019, pembentukan pengurus posyantek. bertempat di Aula pertemuan kantor camat Gunungsitoli  Sumatera Utara.  Rabu (03/07/2019).

Mewakili Kepala desa se-Kota Gunungsitoli  yakni dari kepala desa  (kades) Mudik  Karsani Polem  menyampaikan  bahwa program kegiatan  inovasi desa ini sangatlah kita dukung bersama.

Dan dilaksanakannya pemilihan para calon Tim pelaksana desa (TPD)  haruslah  yang benar memiliki ketrampilan  dan mampu menjalankan tugas dengan baik sehingga ada terobosan untuk kemajuan desa. 

“Inovasi desa yang akan dilaksanakan agar kiranya dapat kita wujudkan dan menjadi peningkatan barometer dikota Gunungsitoli,” ucap Karsani. 

Sementara mewakili forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompimda) yang disampaikan oleh Danramil 01 Gunungsitoli M. Yusuf  mengatakan, bahwa kiranya dalam pembentukan Tim TPD kiranya inovasi di desa dapat ditingkatkan program-programnya. 

Camat Gunungsitoli  Mario Otomosi Zebua,  SH., M.Si dalam arahan dan bimbingannya menyampaikan bahwa, sebelum saya lanjutkan  sambutan ini,  camat Gunungsitoli memperkenalkan diri dan sekretaris camat Gunungsitoli.

Lebih lanjut camat Gunungsitoli menjelaskan  bahwa kegiatan ini adalah, musyawarah antar desa kiranya TPD melakukan dan mendukung dana desa.

Kami juga dikecamatan menawarkan pengurus-pengurus  TPID agar jangan  ada merangkap jabatan di desa juga, kiranya pengurus -pengurusnya dapat bekerja  debgan baik hingga ke kecamatan. 

Kiranya pembentukan pemilihan TPD ini saling bekerja sama,  jangan terpilih ketua dan sekretaris ada permasalahan diantara mereka sehingga  terjadi kesalahan, diharapkan agar hubungan ketua dan sekretaris dapat terjalin dengan baik.

“Adanya kearifan dalam mengutamakan kepentingan umum diatas segala-galanya,” ucapnya.

Beberapa BPD  telah berakhir masa bhaktinya karena data SK BPD dikantor camat telah terbakar dan kiranya yang sudah menyerahkan tidak usah lagi,  bagi BPD yang belum menyerahkan SK tugas dan SK pelantikan foto copy SK BPDnya diserahkan.

Lebih lanjut Camat Gunungsitoli menyampaikan jika ada lahan kosong, dari kecamatan akan  mengintervensi dalam hal ini, membantu  untuk memberdayakan lahan-lahan kosong tersebut, kalau  berkebun boleh meminta bibit tanaman cabe dan akan didampingi oleh tim dari kami dengan tujuan agar lahan kosong dapat termanfaatkan. 

“Kemudian kita juga menyambut dan mensukseskan seal Nias, dari kota Gunungsitoli, kita akan mempromosikan kopi Nias,  pariwisata Nias antara bulan semptember dan November 2019 ini,  caranya dalam menyambut seal Nias di kota Gunungsitoli,  diantaranya adalah keramah tamahan masyarakat kita,  kemudian di jalur-jalur Jalan provinsi kiranya taman depan rumah bapak/ibu ditarohlah  bunga agar lebih indah, demikian dengan pelaku usaha kiranya dijaga kebersihan dan menjaga nilai harga jualannya dengan standar yang ada. Kiranya sektor pariwisata di Kepulaun Nias dapat kita sukseskan, dan secara resmi camat Gunungsitoli membuka kegiatan dan mengucapkan Gunungsitoli selalu dihati Ya’ahowu,” ujarnya.

Mewakili Kepala dinas PMDK kota Gunungsitoli dari dinas Kabid PMDK Bakhtiar Zebua  menyampaikan bahwa Kadis  tidak bisa hadir, dikarenakan dalam acara yang sama sudah menghadiri kegiatan musyawarah antar desa (MAD) di Kecamatan Gunungsitoli Idanoi dan Kecamatan Gunungsitoli sehingga kami hadir disini, kegiatan ini bertujuan untuk mencari desa yang berinofasi dan menjadi contoh.

Tenaga ahli pengebangan partisipatip kota Gunungsitoli , Yusran  Azhar dalam sambutannya menyampaikan bahwa, sampai sekarang kini dananya masih swadaya dan setelah ini nanti kita akan laksanakan sakker setelah itu  baru akan diproses dan dananya akan ada, setelah terbentuk TPID berfokus untuk mengangkat, dan menjadi contoh sebagai inofatif menjadi efektif.

Sosialisasi tersebut tentang program inovasi  desa (PID),  pembentukan tim pelaksana inovasi desa (TPID), pembentukan  kepengurusan poduantek dan penetapan panitia   inovasi desa berjalan dengan lancar.

Musyawarah antar desa (MAD)   yang dihadiri Kabid PMDK kota Gunungsitoli Bahtiar Zebua,  Camat dan sekretaris camat Gunungsitoli Ardiyansyah Tanjung, mewakili Forumkompida Danramil 01 Gunungsitoli M.Yusuf, tenaga ahli pengebangan partisipatip kota Gunungsitoli  Yusran Azhar, tenaga ahli Bumdes kota Gunungsitoli Masariang Bulolo, kepala desa se-Kecamatan Gunungsitoli, Ketua BPD se-Kecamatan Gunungsitoli, dan Perwakilan masyarakat dari tiap-tiap desa se -Kota Gunungsitoli.

Tim pelaksana desa terpilih yakni sebagai berikut:

1). Darlinawati Telaumbanua, SPd dari desa Sisarahiligamo,  2).  Yawazaro Telaumbanua, SP dari desa Saewe,  3). Alfiansyah Polem, SH dari desa Mudik,  4). Arnia Lase dari desa Dahana Tabaloho,  5). Iwaris Harefa, SH dari desa  Onowaembo,  6). Kurniaman Ndraha dari desa Sihareo II Tabaloho. (Fariz/Wahyu@_id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/