Pemkab Nias Laksanakan Puncak HUT Kartini -

Pemkab Nias Laksanakan Puncak HUT Kartini

0
Spread the love

Nias,newssuaraindepent.id

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias melaksanakan perayaan puncak HUT Kartini yang ke 140, bertempat di Pendopo Bupati Nias, Jumat (03/05/2019).

Perayaan Puncak Hut Kartini tersebut di prakarsai oleh TP.PKK dan Dharmawanita Kabupaten Nias dengan Tema “Dengan semangat Kartini kita tingkatkan kualitas pendidikan formal perempuan dalam keluarga sesuai, sesuai Tema yang diangkat pada Tahun 2019 ini, Perkuat Advokasi dan aksi nyata, untuk peningkatan kualitas pendidikan formal perempuan.”

Ketua TP.PKK Kabupaten Nias Ny.Tikna Murni S.Laoli dalam sambutannya menyam paikan, kita sebagai bangsa Indonesia khususnya ibu-ibu atau kaum Perempuan, memperingati Hari Kartini setiap tanggal 21 April setiap tahunnya, hal ini mengingatkan kita perjuangan ibu RA.Kartini dalam memperjuangkan kebangkitan kaum  perempuan Indonesia,  Sejak kita melihat kemasan silam, dimana kaum wanita sangat terbatas, wanita tidak boleh keluar rumah, tidak boleh mengemban pendidikan dan dibelunggu oleh tradisi.

Hal ini dirasakan oleh Ibu Kartini sebagai pengekangan jiwa, hidup bagaikan seekor burung dalam sangkar yang terkengkang, oleh ibu Kartini merubah tradisi ini dengan berbagai tantangan dan penuh perjuangan, karena ibu Kartini menyadari bahwa pendidikan sangat penting bagi seorang perempuan. Emansipasi wanita bukan berarti menuntut kaum wanita untuk bekerja dan berkarya dengan meninggalkan tugas mulianya sebagai ibu rumah tangga.

Oleh karena itu wanita harus menempatkan diri dan pandai mengatur waktu, sehingga kepentingan umum dan pribadi bisa berjalan dengan baik. Peranan kaum wanita tidak lepas dari dukungan bapak-bapak atau suami, yang harus memberikan toleransi dan mengikhlaskan sebagian waktu kepada kaum ibu, sehingga ketrampilan dan sumber daya manusia kaum ibu semakin meningkat.

Pada kesempatan itu Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM dalam sambutannya menyampaikan, pada tanggal 21 April setiap tahunnya merupakan hari bersejarah khususnya bagi kaum perempuan Indonesia dan sebagai titik tolak perjuangan perempuan dalam memperoleh persamaan hak dan kesetaraan gender.

140 Tahun yang lalu perjuangan RA KARTINI adalah mendobrak keterkukungan dan keterbelakangan perempuan, ini berkat jiwa dan semangat yang ditularkan Kartini kepada generasi penerus termasuk hingga kita saat ini maka masyarakat sudah semakin memahami derajat perempuan dan laki-laki sama derajat saat ini. (Fariz/Wahyu@nsi_id)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/