LAIN-LAIN

BIPATI PIMPIN RAKOR PPL THL DPKP KAB.NIAS BARAT

Nias Barat,newssuaraindependent.id_ Pemerintah kabupaten nias barat laksanakan rapat koordinasi PPL THL lingkup dinas pertanian dan ketahanan pangan kabupaten nias barat, bertempat di gedung gereja ONKP Pasar baru Desa iraonogaila Kecamatan Lahomi hari Kamis (20/06/2019).

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Bupati nias barat Faduhusi Daeli S.Pd, Sekda Prof. Dr Fakhili Gulo M.Sc, Kadis Pertanian Drs Ekonomi Daeli MM, Asisten III Hamidalubis Daeli, Camat lahomi Kharasi Daeli S.Sos. MM, Segenap Kabid dan staf dinas pertanian serta 55 orang PPL THL lingkup dinas pertanian dan ketahanan pangan kabupaten nias barat.

Dalam laporan kadis pertanian dan ketahanan pangan kabupaten nias barat Drs Ekonomi Daeli MM, menyampaikan bahwa kegiatan hari ini merupakan kegiatan rapat koordinasi rutinitas Dinas pertanian dan ketahanan pangan bersama PPL THL yang 55 orang.

Masalah yang serius yang kita hadapi di nias barat saat ini yaitu kelangkaan dan mahal nya pupu, sehingga menurun nya luas area baku sawah nias barat. Yang luas sawah kita di nias barat sebelumnya adalah 2.680 ha menjadi 1.130 ha sehingga turun 58 %, Papar Ekonomi Daeli.

Pada kesempatan ini, Kadis pertanian dan ketahanan pangan kabupaten nias barat Drs Ekonomi Daeli MM, menawarkan solusi yang ditempuh yakni mengaktifkan pengawasan pupuk dan pestisida (KP-3) yang selama ini tidak berfungsi, tandasnya menambahkan.

Camat lahomi Kharasi Daeli S.Sos MM dalam sambutannya menyampaikan agar masing masing kepala desa dapat mengidentifikasi kebutuhan yang tepat apa yang menjadi skala prioritas kebutuhan petani di kecamatan lahomi.

Dalam arahan bupati nias barat Faduhusi Daeli S.Pd menyampaikan Keaktifan para PPL THL selama ini menjadi alasan kita memperpanjang tugas PPL THL dan begitu juga sebaliknya, Tegas Bupati.

Tugas PPL THL adalah mulia, karena sangat mempengaruhi keberhasilan para petani. Kemudian PPL mendampingi dan menguatkan serta memberikan pencerahan kepada petani agat peralatan dan saprodik yang diberikan yang diberikan pemerintah tidak di sia-siakan, Ujar Bupati.

Diakhir arahan dari Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli S.Pd mengatakan bahwa sangat senang bertemu dengan PPL karena bisa dengar langsung apa persolan yang sedang dialami oleh petani kita dan ini menjadi beban moral pimpinan daerah untuk kemajuan nias barat kedepan mengakhiri.(sabar@nsi_id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button