Camat Balaraja Willy Patria, Hadiri Gerebek Posyandu di Desa Tobat -

Camat Balaraja Willy Patria, Hadiri Gerebek Posyandu di Desa Tobat

0
Spread the love

 

Kabupaten Tangerang || Suaralintasindonesia.com – Desa Tobat, Kecamatan Balaraja tengah melaksanakan Gerebek Posyandu yang bertujuan agar masyarakat Desa Tobat mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal sebagai bentuk pelayanan Desa terhadap warganya. Pelaksanaan kegiatan gerebek posyandu di wilayah Desa Tobat disediakan dibeberapa titik, diantaranya : Kp.Hauan Tegal RT 02/05, Kp.Petey RT 06/01, Kp.Cariu RT 02/03, Kp.Tegal Lame RT 04/06, Kp.Combrang RT 03/02 dan Kp.Jati Baru RT 05/04. Kamis, (06/06/2024)

Dalam rangka kegiatan gerebek posyandu, Desa Tobat memberikan inovasi berupa hadiah berbentuk bingkisan minyak sayur setengah liter, guna untuk menarik perhatian, stimulasi atau rangsangan buat Warga Desa Tobat agar dapat hadir ke posyandu, disamping itu balita mendapatkan makanan seperti telor, roti dan susu.

Aksi Serentak Penanganan Stunting, Posyandu Desa Tobat, Kecamatan Balaraja, Kabupaten tangerang menghadirkan 250 balita dan ibu hamil.

Hadir dalam kegiatan Gerebek Posyandu, Camat Balaraja Willy Patria SE.MSI, Kepala Desa Tobat H.Endang Suherman, Sekdes Tobat Nurdin, perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Binamas dan Babinsa, serta ibu-ibu Kader PKK.

Kegiatan gerebek posyandu merupakan inovasi untuk menekan angka Stunting atau gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak balita. Hal itu dikatakan Camat Balaraja Willy Patria.

“Penanganan Stunting memang tugas kita bersama dan perhatian pemerintah Kecamatan, melainkan semua pihak untuk bersama-sama mengentaskan stunting di wilayah Kecamatan Balaraja” ucap Willy Patria.

“Oleh karena itu. Tambahnya, Saya berharap kegiatan gerebek posyandu hari ini menjadi kegiatan yang rutin dilaksanakan, dan akan melibatkan sektor kepemerintahan kepala Desa dan Kepala Kelurahan, RT/RW serta para Kader PPK.”

Lebih dalam, Willy Patria mengucapkan “Alhamdulillah untuk tingkat prestasi kehadiran masyarakat ibu-ibu yang membawa balita ke posyandu, Kecamatan Balaraja mendapatkan peringkat ke-3 (tiga) untuk tingkat se-Kabupaten Tangerang, semua ini terwujud atas peran serta seluruh pihak pemerintahan Desa khususnya di Kecamatan Balaraja,”ucapnya.

Sementara, Kepala Desa Tobat H.Endang Suherman mengatakan “Gerebek Posyandu ini kita lakukan untuk mengajak balita, ibu hamil, dengan sasaran data 250 balita,” ujarnya.

Perlu diketahui, penyebab utama dari stunting adalah malnutrisi pada ibu hamil dan kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak, banyak yang tidak menyadari bahwa tinggi pendeknya anak bisa menjadi tanda adanya masalah gizi kronis.

Maka dari itu perlu meminimalisir potensi stunting pada anak diantaranya:

1. Memberikan ASI eksklusif pada bayi hingga berusia 6 bulan
2. Memantau perkembangan anak dan membawa ke posyandu secara berkala
3. Mengkonsumsi secara rutin Tablet Tambah Darah (TTD)
4. Memberikan MPASI yang begizi dan kaya protein hewani untuk bayi yang berusia diatas 6 bulan.

(S.Eman/SLI.Com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/