HUT Ke 78, Kodam III/Slw Gelar Wayang Golek -

HUT Ke 78, Kodam III/Slw Gelar Wayang Golek

0
Spread the love

 

BANDUNG-JABAR || suaralintasindonesia.com – Kodam III/Siliwangi menggelar pertunjukan Wayang Golek dalam rangka Peringatan HUT ke-78 Kodam III/Slw di Lapangan Makodam III/Slw Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Selasa 21 Mei 2024.

Pagelaran Wayang Golek mengambil lakon “Jabang Tutuka” oleh Ki Dalang Yuda Deden Kosasih Sunarya dari Balaputra Giri Harja 2 dengan bintang tamu Ohang. Pagelaran juga dapat ditonton secara streaming.

Mengawali pagelaran, Pangdam III/Slw Mayjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT., beserta tamu undangan disuguhi kesenian Rampak Kendang dari Lingkung Seni Papag Setra Cimahi.

Pagelaran Wayang Golek yang dilaksanakan juga sebagai kegiatan “Ngamumule” dan “Ngarawat” seni budaya tradisional Urang Sunda khususnya warga masyarakat Jawa Barat.

Sebagai tanda dimulainya Pagelaran Wayang Golek, Pangdam III/Slw menyerahkan Gugunungan kepada Ki Dalang Yuda Deden Kosasih Sunarya.

Lakon “Jabang Tutuka” menceritakan tentang seorang anak yang dimasukkan dalam kawah Chandradimuka sehingga menjelma sebagai “Gatot Kaca” dan ditakdirkan untuk mengalahkan Naga Percona dengan memporak porandakan kayangan. (Pendam III/[email protected]).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/