Pangdam III/Slw Hadiri Milangkala Ke 5 Paguyuban BMP -

Pangdam III/Slw Hadiri Milangkala Ke 5 Paguyuban BMP

0
Spread the love

 

CIMAHI-JABAR || suaralintasindonesia.com – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT., mendampingi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., menghadiri acara Silaturahmi Milangkala Ka-5 Paguyuban Baraya Maung Parahyangan (BMP) yang digelar di Aula M. Toha Disjasad Jalan HMS Mintaredja, S.H., Kota Cimahi, Minggu 14 April 2024.

Acara diawali dengan foto bersama Panglima TNI beserta seluruh anggota paguyuban BMP dilanjutkan dengan pentas budaya sunda, berupa tarian Ibing Penca dan Rampak Kendang dari Art Bound Indonesia Raya Bandung.

Letjen TNI (Purn) Tatang Sulaeman, S.Sos., M.Si., selaku Ketua Dewan Pembina BMP menguraikan tentang sejarah terbentuknya paguyuban, dimana para perwira dari bumi Parahyangan berkumpul dan mengikrarkan diri untuk berkomitmen dalam membentuk komunitas perwira unggulan dari tanah parahyangan yang cerdas dan berakhlak mulia.

“Kita ingin mengembangkan sumber daya manusia dari tanah parahyangan agar bisa mengusung kearifan lokal budaya sunda dan pengabdian kepada masyarakat Jawa Barat”, jelas Letjen TNI (Purn) Tatang Sulaeman.

Sementara itu Ustadz Dr. H. Adi Hidayat, Lc., MA., menguraikan tentang makna Parahyangan pada paguyuban BMP yang mesti dipahami oleh semuanya karena memiliki nilai spiritualitas sebagai pembimbing yang berazaskan ketuhanan.

“Jadi terdapat korelasi yang beirisan antara BMP dengan kenegaraan Indonesia. Hal itu bertemu dari fondasi asal Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa dengan nilai-nilai spiritual di dalamnya”, tutur Ustadz Adi Hidayat.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI pada sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Milangkala Ka-5 Paguyuban Baraya Maung Parahyangan (BMP) sangat positif dan dapat mempererat Silaturahmi baik Perwira yang masih aktif maupun yang sudah Purna Bhakti.

“Saya mengajak seluruh Perwira di Paguyuban BMP untuk bersama-sama menata dan memberdayakan potensi yang dimiliki oleh seluruh anggota BMP untuk membesarkan organisasi dengan semangat kebersamaan sebagai saudara, yang tidak akan lepas dalam kondisi apapun”, ucap Panglima TNI.

Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., juga berpesan kepada Perwira Senior yang sudah purna bhakti agar selalu solid dalam membina hubungan dan kerukunan diantara semua anggota paguyuban.

“Saya berharap tauladan yang diberikan oleh para senior dapat menjadi energi positif dalam melanjutkan perjuangan. Saya berpesan kepada yang perwira yang masih aktif agar senantiasa bekerja dengan niat ibadah, loyal, tulus dan ikhlas diiringi dengan harapan agar dapat mewujudkan TNI yang Prima”, pungkas Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si.

Diakhir kegiatan, Panglima TNI didampingi Ketua Dewan Pembina BMP memberikan tali asih kepada anak-anak yatim dari Pesantren Nurul Huda Ranca Bentang Kota Bandung. Kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng serta pagelaran kesenian sunda Tarawangsa, tari Jaipongan, Ronggeng Gunung, Topeng Cirebon dan Kesenian Gembyung serta Rampak Kendang. (Pendam III/[email protected]).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/