Warga Desa Cibalung Sangat Berterima Kasih Sekali Dengan Ada Program PTSL -

Warga Desa Cibalung Sangat Berterima Kasih Sekali Dengan Ada Program PTSL

0
Spread the love

Suaralintasindonesia.com.,Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL ) Desa Cibalung Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor mendapatkan 1000 Bidang di Tahun 2023 dan berjalan kondusif.

Perlu di ketahui PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah Desa atau Kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, Pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat: sandang, pangan, dan papan. Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018.

PTSL yang populer dengan istilah Sertifikasi tanah ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat. Selain itu nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertifikat dapat menjadikan sertifikat tesebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya, ungkap Lili selaku Staf Desa Cibalung.

Lili menambahkan, Allhamdulilah kita sudah hampir selesai dan sejauh ini masyarakat tidak ada komplain dan merasa terbantu dengan adanya PTSL ini dan sehingga bisa juga meningkatkan perekonomian masyarakat juga agar bisa pinjam ke Bank untuk modal usaha, ucapnya.

Ditempat terpisah beberapa warga penerima PTSL saat ditemui awak media mengatakan Kami sangat berterima kasih sekali dengan adanya program PTSL ini kepada pemerintahan Desa Cibalung khususnya Pemerintah Pusat karna dengan adanya ini kita bisa ada harapan untuk pinjam uang ke Bank dan untuk modal usaha, ungkap warga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/