Danramil 1004/Tanjungsari sampaikan pesan Cintai Tanah Air dan Toleransi demi Persatuan dan Kesatuan Bangsa -

Danramil 1004/Tanjungsari sampaikan pesan Cintai Tanah Air dan Toleransi demi Persatuan dan Kesatuan Bangsa

0
Spread the love

Sumedang | Suaralintasindonesia.com – Tanjungsari, 23 Desember 2023.
Perkemahan Harmoni Beragama yang diselenggarakan oleh Kwarda JABAR dan diikuti oleh hampir 3000 Peserta Pramuka Saka Amal Bhakti dari Siswa Madrasah Aliyah seluruh Jawa Barat. Telah berlangsung selama 2 Hari sejak di Buka secara resmi oleh Menteri Agama RI pad hari Jum’at, 22 Desember 2023. di Bumi Perkemahan Kiarapayung, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang.

Dalam kesempatan tersebut Kapten Inf Agus Hermawan, Danramil 1004/Tanjungsari berkesempata, memberikan pengarahan kepada Anggota Pramuka Saka Amal Bhakti Kwarda Jawa Barat yang merupakan peserta Perkemahan Harmoni Beragama Dalam pengarahannya, menekankan pentingnya bela negara dan sikap toleransi demi persatuan dan kesatuan bangsa.

Bela Negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Tujuan dari bela negara adalah menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya. Dalam konteks Indonesia, bela negara juga mencakup kecintaan kepada Bhinneka Tunggal Ika dan berwawasan Nusantara.

Sementara itu, sikap toleransi adalah kunci untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat yang beragam. Dengan memiliki sikap toleransi, kita dapat menghargai dan menghormati perbedaan suku, agama, ras, budaya, dan antargolongan. Sikap toleransi juga melibatkan pengertian, penghargaan, dan kerjasama antarindividu dalam menghadapi perbedaan pendapat, status sosial, agama, jenis kelamin, dan ras.

Kapten Inf Agus Hermawan mengajak para peserta Perkemahan Harmoni Beragama untuk memahami pentingnya bela negara dan sikap toleransi sebagai landasan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan bela negara dan sikap toleransi, kita dapat menciptakan lingkungan yang harmonis, saling menghormati, dan saling mendukung dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dalam kesempatan ini, Kapten Inf Agus Hermawan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta Perkemahan Harmoni Beragama yang telah aktif berpartisipasi dalam kegiatan ini yang merupakan Generasi Emas sebagai penerus keberlangsungan NKRI. (****)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/