Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Peringatan Hari Purbakala Nasional ke-110 Tingkat Provinsi Jawa Barat 14 Juni 2023 -

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Peringatan Hari Purbakala Nasional ke-110 Tingkat Provinsi Jawa Barat 14 Juni 2023

0
Spread the love

Karawang | suaralintasindonesia.com-
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang menampilkan kesenian khas Karawang untuk menyambut para tamu dengan Sajian Silat Godot dan Tari kolosal Candika Pura sebagai tari persembahan.

Acara yang dilaksanakan di komplek Percandian Batujaya ini dihadiri langsung Kemendikbudristek, Wakil Gubernur Jabar, H. Uu Ruzhanul Ulum S.E, Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana, Anggota DPRD Provinsi Jabar Sri Rahayu, Hadir Pula seluruh Kadisparbud se-Jabar, Kapolres Karawang, Kajari Karawang dan Sekda Karawang.

Wakil Gubernur Jawa Barat H. Uu mengatakan perayaan Hari Purbakala Nasional (HPN) tingkat Jabar memiliki beberapa tujuan penting. Pertama, itu adalah kesempatan untuk menghormati dan mengapresiasi warisan budaya nenek moyang kita.
Karawang hari ini berkat para leluhur Karawang di masa lampau yang dimana Kabupaten Karawang memiliki sejarah dan peradaban yang tinggi, karena terbuktinya adanya situs peninggalan di Komplek percandian Batujaya ini.

Bupati Cellica menegaskan peringatan HPN tingkat Provinsi Jabar yang diselenggarakan di Karawang menjadi salah satu promosi wisata Cagar Budaya Candi Jiwa. Untuk itu, pihaknya akan terus berupaya memperbaiki dan melengkapi infrastruktur demi meningkatkan aspek perekonomian. Selain itu, kabupaten Karawang selain kaya akan warisan budaya, Kabupaten Karawang juga memiliki pegunungan, pantai dan kesenian yang beragam.

Sedangkan Menurut Bapak H. Yudi Yudiawan, S.E, MM, selaku kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang: Kegiatan ini merupakan kerjasama Provinsi dan Kabupaten Karawang untuk memperkenalkan cagar budaya Karawang lebih luas secara nasional. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mendorong sektor pariwisata di Karawang hususnya Batujaya.

Panitia penyelenggara, Neni Martini mengatakan bahwa penyelenggaraan kegiatan di kawasan percandian Batujaya harus lebih sering dilaksanakan untuk memperkenalkan Batujaya kepada nasional. Pelibatan masyarakat sangat penting agar masyarakat lebih merasa memiliki dan mencintai dan mau melestarikan cagar budaya yang ada.@jaySLI…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/