Kantor Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) Bandung Gelar Upacara Hut Basarnas Ke-51 -

Kantor Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) Bandung Gelar Upacara Hut Basarnas Ke-51

0
Spread the love

BANDUNG, suaralintasindonesia.com – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Bandung melaksanakan Upacara Hut Basarnas ke 51 di Halaman Kantor Basarnas Bandung Jl. Raya Bandung Garut Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Selasa (28/2/2023).

Upacara memperingati Hut Basarnas ke 51 ini di laksanakan secara serentak seluruh Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) seluruh Provinsi di Indonesia dengan Tema “Cepat Tanggap Selamatkan Jiwa”.

Kepala Basarnas Bandung Jumaril, SE., MM dalam sambutannya mengatakan, “Genap berusia 51 tahun Basarnas, melalui tema Cepat Tanggap Selamatkan Jiwa merupakan representasi semangat dan tekad untuk memberikan pelayanan SAR yang terbaik kepada masyarakat.

“Tugas utama Basarnas adalah menyelenggarakan pencarian dan pertolongan pada kecelakaan pesawat, kecelakaan kapal, kecelakaan transportasi dengan penanganan khusus, bencana pada fase tanggap darurat dan kondisi membahayakan manusia seperti yang tertuang dalam amanah UU No. 29 tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan,” ujar Jumaril.

“Kita juga patut bersyukur atas capaian perhargaan yang telah dicapai Basarnas selama ini baik tingkat nasional maupun internasional,” katanya

Presiden RI Ir. H. Joko Widodo memberikan apresiasi yang tinggi atas kinerja Basarnas selama ini, atas respon dalam pelaksanaan operasi SAR sangat cepat.

“Sesuai arahan Presiden RI bahwa kita harus meningkatkan kewaspadaan mengingat eskalasi kedaruratan di negara kita mengalami peningkatan secara drastis. Untuk itu Basarnas akan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, baik itu dibidang Informasi Teknologi sehingga bisa meningkatkan kinerja terhadap pelayanan SAR kepada masyarakat.” Jelasnya.

Lanjut Jumaril, Basarnas Bandung kedepannya semakin meningkatkan pelayanan dan kinerja kepada masyarakat melalui profesionalisme SDM, Optimalisasi penggunaan sarana dan prasarana yang dimiliki, meningkatkan sinergitas dengan TNI-Polri, Pemerintah, Potensi SAR dan Relawan untuk terus berkolaborasi dalam pelayanan SAR.

Pada saat ini pun meski sedang melaksanakan Hut Basarnas, namun Tim kita juga sedang melakukan operasi dalam pencarian dan pertolongan di beberapa daerah. Dan saya berharap, tugas-tugas kemanusiaan bisa dilakukan lebih baik lagi dari sebelum-sebelumnya dalam kondisi apapun. Terang Kepala Kantor SAR Bandung.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran yang selama ini sudah menjalankan kegiatan pertolongan dan pencarian korban bencana  maupun kecelakaan dengan baik,” ucapnya.

“Kiranya apa yang telah dicapai dan dilaksanakan dengan baik, dapat dipertahankan agar Basarnas semakin dicintai dan kenal baik oleh masyarakat” lanjut Jumaril.

Atas nama kantor Basarnas Bandung, tidak lupa saya juga mengucapan terima kasih kepada Dharma Wanita Basarnas Bandung yang selalu mendukung tugas-tugas suami dalam menjalankan tugas kemanusiaan sebagai insan Basarnas. Tutupnya.

Upacara berlangsung selama kurang lebih 30 menit dan kemudian di lanjutkan dengan ramah tamah seluruh peserta apel dan tamu undangan serta diakhiri dengan makan bersama. (Hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/