Dalam rangka HUT Kavaleri ke 73 Yonkav.4/KC Melaksanakan Pengecatan dan Pembersihan Tank M3A3 Stuart -

Dalam rangka HUT Kavaleri ke 73 Yonkav.4/KC Melaksanakan Pengecatan dan Pembersihan Tank M3A3 Stuart

0
Spread the love

BANDUNG-KODAM III/SLW, suaralintasindonesia.com – Dalam rangka HUT Kavaleri yang ke-73 Tahun 2023 dan untuk mengabadikan serta mengenang masa kejayaan Tank M3A3 Stuart ini, Batalyon Kavaleri 4/Kijang Cakti melakukan pengecatan dan pembersihan monumen Tank M3A3 Stuart yang berada di Jalan Burangrang Kota Bandung, Rabu (01/02/2023).

Hal ini dilakukan sebagai wujud kepedulian prajurit Kavaleri terhadap Kendaraan Tempur (Ranpur) Tank M3A3 Stuart yang pernah membantu TNI dalam mengatasi segala pemberontakan dan juga wujud kepedulian Prajurit Yonkav 4/KC karena Kendaraan Tempur (ranpur) merupakan senjata utama Prajurit Kavaleri.

Dahulu Tank M3A3 Stuart ini
menjadi senjata tempur Belanda
pada Agresi Militer Belanda I dan II.
Setelah dihibahkan dan diterima oleh
TNI pada tahun 1949.

Dalam debutnya di Indonesia Tank M3A3
Stuart cukup massif dalam beberapa
operasi militer di dalam negeri, seperti dalam penumpasan pemberontakan RMS
(1950), menumpas pemberontakan DI/TII di Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah (1950),
menumpas PRRI di Sumatera dan Permesta Sulawesi Utara (1958), dan menumpas G30S/PKI (1965). Lepas dari reputasi tempurnya, Stuart juga laris manis sebagai bintang dalam film Janur Kuning, Ketulusan Kartika, Emerald dan Darah Garuda.

Setelah berjasa dalam membantu tugas TNI dalam menyelesaikan operasi dalam negeri dan bukti Tank M3A3 Stuart pernah digunakan di Indonesia, banyak tank stuart yang dijadikan monumen seperti yang berada di Ambarawa, Museum Satria Mandala, Pussenkav, Mako Yonkav 4/KC dan salah satunya menjadi monumen yang berada di Jalan Burangrang Kota Bandung.

Ketika dikonfirmasi lewat WhatsApp Komandan Yonkav 4/KC Letkol Kav Yerry Bagus Merdiyanto mengatakan dalam rangka memperingati HUT Kavaleri ke 73 Tahun 2023 serta untuk mengabadikan serta mengenang masa kejayaan Tank M3A3 Stuart ini, kami Batalyon Kavaleri 4/Kijang Cakti telah melaksanakan pengecatan dan pembersihan monumen Tank M3A3 Stuart yang berada di Jalan Burangrang Kota Bandung.

Kegiatan Pengecatan dan pembersihan Monumen Tank M3A3 Stuart yang berada di Jalan Burangrang Kota Bandung, sebagai wujud kepedulian Prajurit Kavaleri terhadap Kendaraan Tempur (Ranpur) Tank M3A3 Stuart yang pernah membantu TNI dalam mengatasi segala pemberontakan dan juga wujud kepedulian Prajurit Yonkav 4/KC karena Kendaraan Tempur (Ranpur) merupakan senjata utama Prajurit Kavaleri.

“Kita jangan melupakan Jasa Kendaraan Tempur (Ranpur) Tank M3A3 Stuart yang telah membantu TNI dalam mengatasi segala pemberontakan dengan merawat serta mengecat kembali Monumen Tank M3A3 Stuart nya, agar generasi penerus pada umumnya serta kami dari Yonkav.4/KC pada khususnya dapat mengenangnya, pungkas Letkol Kav Yerry Bagus Merdiyanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/