Gagal Panen Karena Banjir, Petani Dapat Asuransi dan Bantuan Bibit -

Gagal Panen Karena Banjir, Petani Dapat Asuransi dan Bantuan Bibit

0

Foto istimewa

Spread the love

ACEH, suaralintasindonesia.com – Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distabun) Aceh melakukan klaim asuransi seluas 314 hektare, terhadap musibah banjir yang melanda Aceh Utara beberapa pekan lalu yang membuat 3.611 hektare areal persawahan mengalami gagal panen, Jumat (18/11/22).

Sebanyak 6.776 hektare lahan persawahan terendam banjir di 18 kecamatan di Aceh Utara. Klaim asuransi dilakukan untuk meringankan beban para petani di daerah itu.

Dari luas lahan tersebut, yang mengalami gagal panen seluas 3.611 hektare, terdiri dari pertanaman seluas 2.085 hektare dan persemaian 1.526 hektare.

Hal itu sebagaimana disampaikan Kadis Distanbun Aceh, Ir. Cut Huzaimah, MP. Katanya, dalam mengurangi kerugian petani, pemerintah menyalurkan bantuan 82,4 ton benih untuk 3.297 hektare.

Sedangkan pemerintah melalui anggaran bersumber dari APBN dan APBA membayar premi petani. Klaim asuransi 6 juta / hektare sehingga untuk yang terdampak banjir seluas 314 hektare lebih kurang Rp1,8 Milyar.

ā€œPemerintah berharap bantuan itu dapat meringankan beban petani sawah untuk memulai kembali musim tanam berikutnya,ā€ kata Cut Huzaimah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/