Babinsa Koramil 41404 / Membalong Mendampingi Dan Sosialisasi Tentang Pengobatan Kaki Gajah -

Babinsa Koramil 41404 / Membalong Mendampingi Dan Sosialisasi Tentang Pengobatan Kaki Gajah

0
Spread the love

BELITUNG, suaralintasindonesia.com – Sosialisasi tentang penyakit kaki gajah dan filariasis adalah penyakit infeksi yang bersifat menahun, yang disebabakan oleh cacing filaria dan ditularkan oleh nyamuk. Berkaitan dengan penyakit tersebut, bertempat di balai Desa Mentigi, Babinsa Koramil 414-04/Membalong Serda Jamilludin mengikuti kegiatan sosialisasi pengobatan kaki gajah, Sabtu (12/11/2022).

Turut dihadiri dalam kegiatan tersebut yaitu Kepala Desa Mentigi Hamdin, Kepala Puskesmas Membalong serta para Kepala Dusun Sedesa Mentigi.Dalam sosialisi Kepala Puskesmas Membalong menyampaikan bahwa penyakit kaki gajah ditularkan dari seseorang yang darahnya mengandung anak cacing (mikrofilaria) kepada orang lain melalui gigitan nyamuk.

Dimana pada saat nyamuk mengisap darah orang tersebut mikrofilariapun ikut terhisap dan masuk kedalam badan nyamuk sehingga satu dan dua minggu kemudian mikrofilaria berubah menjadi larva dan ditularkan ke orang lain melalui gigitan nyamuk tersebut.

Penyebab kaki gajah oleh cacing filarial yang hidup didalam tubuh manusia yang kemudian berkembang biak dalam tubuh dan menghasilkan jutaan anak cacing dan dapat bertahan selama 4-6 tahun dalam saluran getah bening (bagian tubuh yang melindungi kita).

Untuk tanda penyakit kaki gajah biasanya demam berulang selama 3-5 hari hilang apabila beristirahat dan muncul jika penderita bekerja berat, pembengkakan di saluran getah bening sehingga terlihat bengkak di daerah lipatan paha,

Ketiak yang tampak kemerahan panas dan sakit, timbul bisul yang bisa pecah mengeluarkan nanah dan darah, serta pembesaran kaki, lengan, payudara, atau buah zakar. Ungkapnya

Serda Jamilludin berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat diteruskan kepada warga binaan agar dapat terhindar dari penyakit kaki gajah.” Tutupnya (Rls Pendim/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/