Mengenal Beberapa Rumah Adat Sumatera Barat -

Mengenal Beberapa Rumah Adat Sumatera Barat

0

Foto/sumber : ruangarsitek.id/Tribratanews.*

Spread the love
JAKARTA, suaralintasindonesia.com – Jakarta. Rumah adat merupakan rumah yang memiliki ciri khas budaya atau gaya tertentu yang mencerminkan ciri khas dari suatu wilayah. Salah satunya, rumah adat Sumatera Barat yang memiliki keunikan dan filosofi. Mulai dari bentuk dan tata letak arsitektur bangunannya.

Rumah Gadang adalah satu rumah adat yang populer di Sumatera Barat. Adapun ciri khas rumah tersebut, atapnya yang berbentuk atap memanjang ke samping berjonjong runcing. Ternyata Rumah Gadang ada banyak jenis. Berikut beberapa jenis Rumah Adat Sumatera Barat :

1. Rumah Gadang Surambi Papek

Rumah adat ini disebut juga Bapak Moko. Artinya, pintu belakang. Pintu belakang menjadi ciri khas jenis rumah gadang ini serta menjadi simbol, jika pemilik rumah merupakan seorang perempuan.

2. Rumah Gadang Gonjong Limo

Rumah adat ini memiliki atap berbentuk tanduk kerbau yang menjadi ciri khas dari rumah ini. Tanduk kerbau berada pada bagian kanan dan kiri rumah, sehingga membuat kesan rumah Gadang Gonjong Limo terlihat besar.

3. Rumah Gadang Batingkek

Rumah ini memiliki gonjong bertingkat-tingkat. Gonjong merupakan atap pada rumah Gadang. Menurut kepercayaan orang-orang Minang, gonjong yang berada pada bagian atas berfungsi untuk menyimpan hasil panen.

4. Rumah Gadang Gonjong Sibak Baju

Bentuk rumah ini seperti baju yang sedang dirobek. Jika dilihat, bentuk rumah adat ini terlihat seperti rumah Gadang Gajah Maharam. Namun, bedanya rumah ini terbuat dari bahan dasar kayu sasak.

5. Rumah Gadang Gajah Maharam

Ini adalah salah satu jenis rumah adat yang mewah. Rumah ini terbuat dari kayu pilihan dengan harga yang cukup tinggi dan atapnya terbuat dari seng. Saat pembuatannya, rumah ini membutuhkan 30 tiang penopang. Tidak heran jika rumah adat ini mempunyai ketahanan gempa yang cukup baik.

6. Rumah Gadang Ampek Baanjuang

Di daerah Luhak Nan Tigo, Padang kita bisa menjumpai rumah adat Gadang Ampek Baanjuang ini. Ciri khas rumah ini memiliki empat buah gonjong di bagian atapnya. Dalam rumah ini memiliki lebih dari tujuh ruangan serat anjung yang berada di sisi kanan dan kiri.

7. Rumah Gadang Gonjong Anam

Rumah Gadang Gonjong Anam merupakan rumah adat Minang yang terlihat lebih modern dibandingkan lainnya. Ciri khas rumah adat ini memiliki banyak jendela yang berfungsi untuk memberikan jalan cahaya masuk ke dalam rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/