Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam, Yonif Para Raider 330/Tri Dharma Bersama  Forkompimcam Cicalengka dan Basarnas Jawa Barat -

Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam, Yonif Para Raider 330/Tri Dharma Bersama  Forkompimcam Cicalengka dan Basarnas Jawa Barat

0
Spread the love

BANDUNG, suaralintasindonesia.com -Bataliyon Infantri Para Raider 330/Tri Dharma bersama Forkopimcam Cicalengka dan Basarnas Kabupaten Bandung laksanakan Apel Gabungan Kesiapsiagaan Bencana Alam di Alun-Alun Cicalengka, Kabupaten Bandung. (29/10/2022)

Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam ini di pimpin langsung oleh Komandan Batalyon Infanteri Para Raider 330/Tri Dharma Letkol Inf Herbert Roni Parulian Sinaga, dan di hadiri oleh Kepala Basarnas Jawa Barat yang di wakili Kasie Operasi Supriono, Camat Cicalengka Cucu Hidayat, SH, Kapolsek Cicalengka Polresta Bandung AKP Deni Rusnandar, SH., MH yang di wakili Kanit Lantas AKP Muhamad Abdulah (Chevy) serta prajurit Yonif 330/Tri Dharma, Anggota Koramil Cicalengka, Anggota Basarnas, Anggota Polsek Cicalengka, Anggota Pokdar Kamtibmas, Linmas Cicalengka dan Tagana Cicalengka.

Danyon Para Raider 330/Tri Dharma Letkol Inf Herbert Roni Parulian Sinaga dalam sambutannya mengatakan, “Seperti yang kita ketahui Kecamatan Cicalengka merupakan sebuah wilayah yang memiliki kondisi geografis pegunungan, keadaan ini berpotensi bagi terjadinya bencana geologi yang di akibatkan oleh proses-proses geologi baik bersifat endogenik maupun eksogenik seperti tingginya curah hujan per tahun sehingga mengakibatkan seluruh wilayah kecamatan Cicalengka rawan terjadi bencana longsor dan tanah longsor,” kata Herbert.

Harus saya sampaikan bahwa kesempatan ini, penanggulangan bencana alam bukan hanya tugas pemerintah daerah, TNI, Polri, dan Basarnas maupun intitusi terkait semata, namun kita semua harus menyadari bahwa panggilan kemanusiaan dan menjadi tanggung jawab kita bersama seluruh masyarakat.

Kita tidak boleh lengah dengan kondisi saat ini sekalipun pada kondisi aman Namun kita tetap perlu mengantisipasi melalui penyusunan rencana penanggulangan bencana, baik (Good Disaster Management Plant) sebagai bentuk upaya pencegahan dan mitigasi bencana. Katanya

Danyon Para Raider 330/Tri Dharma Letkol Inf Herbert Roni Parulian Sinaga juga mengatakan, “Apel kesiapsiagaan Bencana Alam di Wilayah Kecamatan Cicalengka ini perlu kita persiapkan, dengan sinergitas semua institusi Pemerintahan, TNI, Polri, dan Basarnas serta pengecekan kelengkapan pasukan yang solid dan peralatan lengkap untuk penanganan bencana yang lebih baik sehingga saya menilai apel ini sangat penting untuk di laksanakan, mengingat kondisi cuaca saat ini yang tidak dapat di prediksi dan berpotensi menimbulkan bencana alam. Pungkas Komandan Batalyon Para Raider 330/Tri Dharma.

Merespons status Jabar siaga bencana hidrometeorologi yang dikemukakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Camat Cicalengka menyampaikan, “Status Jabar siaga bencana hidrometeorologi sudah mendapat peringatan dini dari BMKG dan BNPB. Sehingga semakin menguatkan bahwa kita harus sudah siap siaga. Kita telah merilis diseminasi ke seluruh kota dan kabupaten hingga kecamatan, untuk meningkatkan kehati-hatian,” ujar Cucu Hidayat.

Seperti halnya beberapa bulan terakhir ini, di Kecamatan Cicalengka sendiri sudah terjadi beberapa kali bencana rumah warga yang runtuh hingga yang terbaru beberapa hari lalu salah satu ruang kelas SMPN 1 Cicalengka akibat curah hujan tinggi dan angin kencang. Singkat Camat Cicalengka. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/