Kelompok Tani Anugerah Desa Legoksari Purwakarta Senang Mendapat Bantuan Rehabilitasi Irigasi Dari Pemerintah -

Kelompok Tani Anugerah Desa Legoksari Purwakarta Senang Mendapat Bantuan Rehabilitasi Irigasi Dari Pemerintah

0
Spread the love

PURWAKARTA, suaralintasindonesia.com – Rehabilitasi dan pemeliharaan irigasi usaha tani dari Kementerian Pertanian, besar manfaatnya bagi para petani di Desa Legoksari, Kecamatan Darangdan Kab. Purwakarta.

Rehabilitasi irigasi yang tengah dilakukan Kelompok Tani Anugerah di Kampung Cirakoneng, Desa Legoksari, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, sangat merasakan dampak positif, bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian sebesar Rp. 72 juta tersebut.

“Sekarang masih dalam pengerjaan tapi tidak lama lagi akan selesai, ketika sudah selesai nanti para petani bakal merasakan manfaat dari perbaikan ini,” ungkap Ketua Kelompok Tani Anugerah, Ali Santana, Rabu (28/9/2022) kemarin.

Ia mengatakan, rehabilitasi dan pemeliharaan irigasi sepanjang 160 meter dengan ketinggian sekitar 80 sentimeter ini meminimalisasi terjadi luapan air ke badan jalan atau area sawah milik petani.

Karena kondisi saluran irigasi hari ini dapat dikatakan normal untuk menampung debit air, terutama ketika turun hujan.

“Kami mengajukan perbaikan karena pemeliharaan sangat dibutuhkan, sehingga pasokan air ke persawahan lebih stabil,” ujar Ali.

Ali juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah maupun pemerintahan desa yang turut mendukung terealisasinya bantuan rehabilitasi dan pemeliharaan irigasi usaha tani.

“Perbaikan ini mendapat respon postif dari aparatur pemerintah desa terutama Kepala Desa Legoksari Cecep Hamim, karena bisa meningkatkan kualitas pertanian menjadi lebih baik serta sarana akses jalan yang rapih menjadi lebar terutama jalan menuju tempat pemakaman umum (TPU).

Selain itu, ia menyebut total area persawahan teraliri 50 hektar lebih berlokasi di Desa Legoksari dan Mekarsari, Kecamatan Darangdan, Total luas area persawahan tersebut akan menghasilkan gabah kering giling untuk ketahanan pangan warga Purwakarta.

Rehabilitasi akan segera dituntaskan dan para petani maupun warga pada umumnya benar-benar merasakan dampak positif dari bantuan ini. (Ronal)

Editor : [email protected]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/