Dandim Bireuen Hadiri Pelaksanaan BIAN Di Klinik Kodim 0111/Bireuen -

Dandim Bireuen Hadiri Pelaksanaan BIAN Di Klinik Kodim 0111/Bireuen

0
Spread the love

Bireuen,suaralintasindonesia.com – Komandan Kodim 0111/Bireuen Letkol Inf M. Ali Akbar, S.I.P menghadiri pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang diselenggarakan oleh Polkes Kabupaten Bireuen di Klinik Makodim Bireuen, Sabtu (03/09/2022).

Dalam Sambutannya Komandan Kodim 0111/Bireuen Letnan Kolonel Inf M. Ali Akbar,S.I.P menyampaikan Bulan Imunisasai Anak Nasional (BIAN) yang kita laksanakan hari ini merupakan program dari pemerintah pusat dan sudah menjadi Kewajiban kita untuk mendukung dan mensukseskan kegiatan ini.

Kegiatan Imunisasi ini sangat besar manfaatnya baik anak itu sendiri maupun kesehatan secara luas. Terdapat dua Manfaat yang utama, yakni bagi anak dan masyarakat umum.

Manfaat pemberian imunisasi salah satunya adalah imunisasi itu sendiri berperan sebagai pelindung terhadap daya imun bagi anak guna menangkal berbagai penyakit serius , apabila anak sudah mendapat Imunisasi maka kemungkinan terjangkit penyakit akan berkurang.

Dampak yang dapat kita peroleh yaitu kita menanamkan investasi kesehatan sejak dini kepada “generasi penerus bangsa” sehingga dikemudian hari kita dapat memperoleh satu generasi yang sehat jasmani dan rohani.

Imunisasi anak adalah pemberian vaksin untuk mencegah penyakit tertentu, sedangkan vaksin adalah zat yang berfungsi membantu membentuk kekebalan tubuh atau imunitas terhadap infeksi sejumlah penyakit menular, dengan tersedianya vaksin di harapkan mampu mencegah penyakit menular sebagai salah satu tindakan pencegahan yang efektif dan efisien, imunisasi sangat penting bagi anak-anak.

Pemberian vaksin melalui program imunisasi merupakan salah satu strategi pembangunan kesehatan nasional dalam rangka mewujudka Indonesia sehat.

Indonesia mengenal konsep imunisasi rutin lengkap yang terdiri atas dua jenis imunisasi, yaitu dasar dan imunisasi lanjutan. Pelaksanaan dua jenis imunisasi anak itu bergantung pada usia anak. Anak memerlukan imunisasi dasar sebagai langkah pencegahan utama. Imunisasi lanjutan tak kalah penting guna menjaga imunitas tetap optimal seiring dengan bertambahnya usia. Selain itu, ada imunisasi ulangan.

Ketika anak mendapat imunisasi, mereka telah membantu melindungi kesehatan masyarakat umum secara keseluruhan. Sebab, saat sudah cukup jumlah orang dalam suatu komunitas yang kebal terhadap infeksi, makin sulit penyakit itu menyebar dan menulari orang lain yang belum diimunisasi.

Kondisi ini disebut sebagai herd immunity atau kekebalan komunitas. Jadi secara tidak langsung anak yang menerima imunisasi telah berkontribusi terhadap komunitasnya dalam hal kesehatan.

Hal ini penting untuk mencegah penyebaran penyakit pada orang yang tidak bisa menjalani imunisasi. Dengan kata lain, makin banyak Orang yang mendapatkan lmunisasi berarti makim sedikit pula orang yang terinfeksi penyakit.

Saya mengajak kepada kita semua Untuk bersama-sama mensukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional di Kabupaten Bireuen dengan menghimbau dan mengajak semua masyarakat yang mempunyai anak yang menjadi sasaran imunisasi untuk mendatangi pos pelayanan imunisasi terdekat.pungkasnya

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0111/Bireuen, Letkol Inf M.Ali Akbar S.I.P,Kasdim 0111/ Bireuen, Mayor Arh Ronald Samosir,Kepala dinas kesehatan Kab. Bireuen, dr Irwan, Camat Kota Juang, Musni Syahputra, SIP MEcDev,Danramil 01/Kota Juang, Kapten Inf Jailani,Para Tim kesehatan Klinik Kesehatan Kodim 0111/Bireuen,Para Tim kesehatan Dinas kesehatan Kab. Bireuen,Perwakilan Ibu-ibu Persit Kodim 0111/Bireuen,Para peserta Imunisasi,Para wartawan media cetak elektronik dan online.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/