ACT Respons Cepat Darurat Erupsi Gunung Semeru -

ACT Respons Cepat Darurat Erupsi Gunung Semeru

0
Spread the love

 

Garut suaralintasindonesia.com — Penanganan darurat erupsi Gunung Semeru masih terus dilakukan, salah satunya di tempat pengungsian. Komandan Tim Disaster Emergency Response and Relief Management (DERM) Kusmayadi melaporkan, usai Gunung Semeru erupsi, tim segera bergerak menuju sejumlah wilayah terdampak. Tim melakukan evakuasi dan mendampingi warga.

“ACT punya sejumlah cabang di Jawa Timur, kami mengerahkan personil untuk melakukan evakuasi sejak Sabtu (4/12/2021) sore,” ujar Kusmayadi, Ahad (5/12/2021).

Kusmayadi menerangkan, Tim Tanggap Darurat ACT berangkat melalui jalur darat dengan membawa bantuan logistik, seperti selimut, makan siap saji, air mineral, terpal, tenda darurat, matras dan kebutuhan lainnya. Tim medis juga disiapkan untuk membantu sejumlah warga yag mengalami luka bakar.

Sabtu sore, Tim Tanggap Darurat ACT juga mendirikan dua Posko Kemanusiaan, berupa posko induk dan posko unit.

“Posko induk di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro dan posko unit di Kecamatan Pronojiwo,” kata Kusmayadi.

Tim Tanggap Darurat terus melakukan pendataan kebutuhan warga yang mengungsi. Mereka juga memastikan kebutuhan dasar tepat sasaran.

Berdasarkan data sementara per Ahad (5/12/2021), satu orang dilaporkan meninggal dunia, 41 jiwa mengalami luka bakar, 10 jiwa belum dievakuasi karena lokasi tertutup lumpur, dan 300 KK terpaksa mengungsi.

Sementara itu Branch Manager ACT Garut Mochamad Dani Ramdani, mengajak seluruh warga Garut untuk mendoakan seluruh saudara kita yang sedang tertimpa musibah baik di Garut maupun di Jawa Timur.

“ACT Garut bukan hanya fokus penanganan banjir bandang & longsor di Karangtengah & Sukawening tapi juga peduli saudara kita yang tertimpa musibah gunung Semeru yang meletus. Bagi sahabat yang ingin memberikan sedekah terbaiknya bisa melalui:
https://garut.indonesiadermawan.id/ErupsiSemeru Atau bisa juga melalui rekening BSI #7164160027 a.n Aksi Cepat Tanggap” Tutup Dani.

Informasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) Garut:
WA https://bit.ly/ACTGarut
Careline (0262)2543366
Instagram: @actgarut_official
Fanspage: Aksi Cepat Tanggap Garut

( red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/