Penerapan Budaya Literasi Digital di Era Covid19 -

Penerapan Budaya Literasi Digital di Era Covid19

0
Spread the love

Malang | suaralintasindonesia.com         Di era globalisasi yang muncul dengan perkembangan informasi digital, yang sering kali merubah masyarakat dunia berkecimpung dalam dunia maya, mulai teredukasi dengan penggunaannya. Salah satunya penggunaan iptek, sebuah tempat yang mampu menampung berbagai informasi beragam dari seluruh dunia. Saat ini menjadi pendamping hidup yang tak bisa lepas dari pandangan setiap orang.
Pada tahun 2020an, dunia di gemparkan dengan adanya informasi virus mematikan dari Wuhan Cina yaitu virus Corona. Banyak orang berspekulasi, bahwa virus ini memiliki gejala yang menimbulkan mati di tempat, seperti zombie dan hal yang mengerikan lainnya. Informasi tersebut secara tidak langsung menggiring opini publik yang tidak-tidak.
Munculnya informasi yang tidak benar (hoax) pun, mulai menjadi santapan publik tanpa menelusuri fakta yang mendalam. Sedangkan, jika budaya membaca bisa di terapkan akan lebih baik, pemikiran seseorang dalam menanggulangi informasi yang mengandung unsur kebohongan bisa teratasi.
Maka dari itu presiden RI Jokowi, mulai meluncurkan program Literasi Digital Nasional untuk mengedukasi dan paham akan perkembangan globalisasi, dengan baik dan bijak. Jakarta (20 Mei 2021), bersamaan dengan peringatan hari Kebangkitan Nasional, Kementrian Kominfo bersama dengan kementrian dalam negeri, serta pemerintah daerah . Sudah mulai merambahkan, sosialisasi terhadap masyarakat Indonesia.

Terdapat point penting yang bisa di pelajari dari program Literasi Digital Nasional ini.
*1. Menfilter Informasi Sebelum Mengeshare*
Banyak dari kalangan pengguna yang membagikan informasi tanpa mencari dahulu kebenaran dari tulisan tersebut. Sedangkan jika kita tau, bahwa di Indonesia sudah ada hukum Cyber Law. Maka dari itu akan lebih baik jika kita mencari kebenarannya terlebih dahulu kemudian membagikan. Untuk bisa melihat kebenaran dari sebuah informasi bisa cek link di bawah ini :
https://turnbackhoax.id
https://cekfakta.com
https://www.liputan6.com/cek-fakta
*2. Membudayakan Kebiasaan Membaca*
Seperti yang kita tau kebiasaan membaca sejak dini jarang diterapkan pada setiap orang. Maka dari itu secara tidak langsung kita menerapkan hal tersebut pada program ini.
*3. Mampu Mengkonsumsi Postingan Dengan Baik*
Banyak postingan baik dan buruk di dunia maya, bahkan jumlahnya mencapai jutaan. Hal itu akan merusak kepribadian dan pemikiran konsumen yang mengkonsumsi postingan yang buruk. Bahkan akan lebih buruk lagi jika yang melihat adalah anak-anak. Maka dari itu orang dewasa harus mampu mengawasi anak-anak yang di beri Hp sendiri. Seharusnya orang dewasa pun, harus mampu memilah memilih media yang baik untuk dirinya sendiri.
Di era pandemi ini media berperan besar dalam berbagai aspek. Mulai dari hiburan, pekerjaan, interaksi sosial, belajar dan mengajar. Kita harus cerdas dalam menggunakan teknologi dengan baik dan bijak. Mempelajari hal yang baru dengan cara mengikuti globalisasi dengan tepat dan cepat.
Pemerintah memfasilitasi media, untuk menjadi saranan dari berbagai aktifitas yang tertunda karna dampak pandemi Covid19. Salah satunya juga ialah Literasi Digital Nasional, diharapkan masyarakat paham betul bagaimana cara menggunakan media internet dengan baik.

 

Nama Penulis : Indri Sukmawati
Asal : Malang
Status : Mahasiswa

Editing@by:ikinlintasindo.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/