Pemkab Nias Barat Kembali Resmikan Destinasi Wisata Puncak Harmoni Somomo -

Pemkab Nias Barat Kembali Resmikan Destinasi Wisata Puncak Harmoni Somomo

0
Spread the love

NIAS BARAT, SUARA INDEPENDENTNWS.ID

Bupati Nias Barat  Faduhusi Daely, S.Pd., MA., MM, resmikan Desa Wisata Lologolu “Puncak Harmoni Somomo”.Bertempat di Desa Lologolu, Kabupaten Nias Barat,  Rabu (14/04/2021).

Adapun “Puncak Harmoni Somomo” merupakan wisata berupa pemandangan alam yang indah dari atas bukit udara yang sejuk, banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah.

Bupati Nias Barat, dalam arahannya menyampaikan bahwa, Desa Wisata adalah komunitas atau masyarakat yang terdiri dari penduduk suatu wilayah terbatas yang bisa saling berinteraksi secara langsung dibawah sebuah pengelolaan dan memiliki kepedulian serta kesadaran untuk berperan bersama sesuai keterampilan dan kemampuan masing–masing demi memberdayakan potensi secara kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan di wilayahnya.

Dengan adanya komunitas Desa Wisata ini, masyarakat diharapkan dapat menyiapkan diri sebagai tuan rumah yang baik bagi para wisatawan ketika berkunjung.

Adapun konsep pengembangan Desa Wisata mengacu pada unsur 3A dalam pariwisata yang mampu menjawab kebutuhan wisatawan selama berada di lokasi wisata antara lain bagaimana potensi atraksi, kesiapan akses dan kekuatan amenitas.

Dengan diresmikannya 4 Desa Wisata di Kabupaten Nias Barat merupakan salah satu langkah dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemik Covid-19. Hal ini tentunya sejalan dengan program Pemerintah Pusat yang melihat Desa Wisata menjadi salah satu sektor pendorong peningkatan perekonomian masyarakat. Desa Wisata diharapkan mampu membuka peluang pekerjaan bagi usaha ekonomi kreatif.

Program Desa Wisata dicetuskan oleh Presiden Indonesia Bapak Jokowidodo sendiri pada Tahun 2016 di kegiatan Sail Selat Karimata. Program Desa Wisata menjadi program prioritas ataupun unggulan di 4 Kementrian, yaitu Kementerian Koordinator Maritim dan Infestasi, Kementerian Pariwisata dan Ekraf, Kementerian Desa PDTT dan didukung program-program dari kementerian lain seperti Kementerian PUPR, Kemenko PMK dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Terang Faduhusi.

Pada acara peresmian tersebut Dihadiri oleh Sekretaris Daerah Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulo, M.Si., Anggota DPRD Kabupaten Nias Barat Martianus Gulo, SH., dan Seti Gulo, Asisten, Kepala Perangkat Daerah, Camat Mandrehe, Kepada Desa Lologolu, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat beserta Warga Desa Lologolu.

(FARIZ /AA WAHYU)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/