SENI DAN BUDAYA

Mengenal Wisata Religi Makam Walli Alloh Syekh Jafar Sidik Gunung Haruman Limbangan

Wisata Religi Syekh Japar Sidik Yang Dipenuhi Para Peziarah

 

Gerbang masuk kemakam syekh jafar sidik limbangan garut.

LIMBANGAN,Suaraindependentnews.id-Wisata Religi Makam syekh Jafar Sidik yang terletak di desa Cipareuan, Kecamatan cibiuk. Memiliki luas sebesar 5 hektar Dipenuhi pengunjung yang kebetulan bertepatan dengan bulan rajab,dimana para peziarah memanfaatkan moment bulan tersebut untuk mencari wasilah dengan melakukan zarah kubur ke makam wali alloh.13/3/2021

Bis para peziarah yang datang pada bulan rajab
Bis para peziarah yang datang pada bulan rajab

Tempat peninggalan yang menyimpan nilai sejarah pada masa penyebaran islam khususnya di daerah garut utara limbangan(blambangan) ini meyimpan banyak kisah perjuangan di masa kala itu. Dan manfaat serta keberkahannya masih bisa dirasakan sampai sekarang oleh masyarakat sekitar dan pengolaannya pun oleh masyarakat sekitar bersama tokoh ulama setempat.

Menurut Edi dilapangan yang berhasil menanyakan alkisah sejarah makam tersebut kepada pengurus makam pak Icang menuturkan,”Makam Syekh jafar sidik terdiri dari empat makam utama yang kesemuanya merupakan kerabat dekat dari jafar sidik dan penyebar agama islam di daerah garut khususnya.

Keempat makam tersebut adalah makam eyang abdul jabar yang merupakan mertua dari jafar umar sidik. Makam mbah wali syekh jafar sidik sendiri, Eyang siti fatimah yang merupakan istri dari jafar, Dan makam Eyang wali muhamad nur kosim yang tidak lain adalah kakaknya. Keempat makam tersebut terletak berurutan sesuai dengan urutan penyebutannya dari atas kebawah kawasan makam yang masing-masing dibatasi oleh pagar kayu.

Hingga pada saat ini banyak masyarakat yang datang berziarah ke makam Syekh jafar sidik. Yang terletak di gunung haruman cibiuk dan nama haruman ini kemudian jadi nama syekh jafar sidik. Sunan haruman, Namun masyarakat setempat sering menyebutnya dengan mbah wali cibiuk.

Peziarah bersama pengurus sekaligus penjaga makam karomah
Peziarah bersama pengurus sekaligus penjaga makam karomah syekh jafar sidik

Icang pun menerangkan secara detil bahwa, Syekh jafar sidik ini sahabat baiknya dengan Syekh abdul muhyi pamijahan dan syekh maulana mansur banten. Bahkan persahabatan Syekh jafar sidik dengan syekh maulana mansur banten tergambar jelas dari gaya arsitektur bangunan masjid yang bernama masjid Agung syaikh ja’far shidiq.

Masjid yang sudah beberapa kali di mengalami renovasi tersebut di perkirakan sudah beusia lebih dari 400 taun dan sampai sekarang ‘pataka’ yang terbuat dari ukiran batu dan di pasang di pucuk atap bangunan masjid tersebut masih utuh dan dirwat baik oleh para pengurus masjid dan warga sekitar yang masih dikeramatkan sebagai masjid tertua yang ada dilimbangan kabupaten garut.terang Edi

Edi/yasman**

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button