Pemkab Nias Barat Laksanakan Rakor Perencanaan Pembangunan Desa TA 2021. -

Pemkab Nias Barat Laksanakan Rakor Perencanaan Pembangunan Desa TA 2021.

0
Spread the love

NIAS BARAT, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd, MM didampingi Wakil Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Fasilitasi Penyusunan Perencanaan Pembangunan Desa Tahun Anggaran 2021, bertempat di Hall Tokosa, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara. Rabu (17/02/2021)

Kadis PMD Kab.Nias Barat Sozisökhi Hia, SH.,MM dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan rapat koordinasi hari ini sebagai salah satu upaya pemerintah daerah dalam mendukung berhasilnya pembangunan di desa dan juga sebagai sarana evaluasi dalam pengelolaan dana desa serta diharapkan pemerintah desa mampu memprioritaskan penggunaan anggaran desa terhadap program kemajuan dan pembanguan desa.

Sementara Bupati Nias Barat , Faduhusi Daely, S.Pd, MM  dalam arahannya menjelaskan bahwa, program Rapat Koordinasi Fasilitasi Penyusunan Perencanaan Pembangunan Desa merupakan upaya strategis kita dalam melakukan evaluasi pembangunan desa. Beberapa tahun lagi Pemilihan Kepala Desa (PILKADES) kita gelar lagi, maka kepada kepala desa mulai hari ini pulihkan Investasi sosial anda sebagai modal utama dalam berkontestasi politik nanti. Lahirkan inovasi dan terobosan baru di desa, ciptakan suasana sejuk dengan mengajak masyarakat bergotong-royong artinya jangan kaku berikan selalu hal terbaik di lingkungan anda.

Beliau berharap kepada para Camat agar mendorong terus para kepala desa untuk melakukan sentuhan-sentuhan dan berbagai kegiatan PADAT KARYA yang adalah objek dari memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bekerja.

Lebih lanjut Bupati Nias Barat tambahkan bahwa Inspektorat bukan penyidik, Inspektorat tidak bisa menghakimi setiap kasus/masalah, mari kita minimalisir resiko yang memunculkan perpecahan; kerjasama yang baik antara para pihak sangat diharapkan demi kemajuan bersama, melalui rapat koordinasi ini, kita harapkan kinerja Pemerintah Desa semakin di tingkatkan ujarnya .

Demikain juga Wakil Bupati Nias Barat sekaligus Bupati Terpilih Khenoki Waruwu menyampaikan,  pemerintah desa diharapkan segera menyusun data dan profil desa dan agar dapat  dimasukkan dalam program 100/hari kerja Bupati/Wakil Bupati Terpilih karena profil desa adalah pedoman utama dalam membagun desa.

“Kalaulah selama ini ada item-item program yang kurang bermanfaat, mari kita perhatikan kedepan yang urgen, agar program pembangunan di desa benar-benar efektif dan efesien serta azas manfaatnya benar-benar nyata”.

Pemerintah desa juga harus menjadi sarana solusi (win solusi) pemecahan setiap permasalahan di desa dan bukan sebaliknya dimana Pemerintah desa tidak menjadi ajang pemicu berbagai masalah di desa, mari bersama-sama membangun desa, dari kita oleh kita dan untuk kita semua. (Aa/FL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/