PN Maumere Dan LBH Surya NTT Teken MoU Layanan Posbakum -

PN Maumere Dan LBH Surya NTT Teken MoU Layanan Posbakum

0
Spread the love

MAUMERE, Newssuaraindependent.id_ Pada Jumat, (20/12/2019) bertempat di Pengadilan Negeri Maumere Kelas II Kabupaten
Sikka telah dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pengadilan Negeri Maumere Kelas II dan Lembaga Bantuan Hukum Surya NTT terhadap layanan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) wilayah hukum Maumere.

Penandatangan MoU ini dilakukan oleh Ketua PN Maumere Johnicol R.F Sine, SH dan Ketua LBH Surya NTT E. Nita Juwita, SH.MH disaksikan oleh para pejabat lingkup PN Maumere serta tim LBH Surya NTT.

Turut hadir dalam acara ini diantaranya, para Hakim PN Maumere Consilia Ina L. Palang Awa,SH, Arih Mahardika, SH, Dodi Efrison, SH, Panitera Anik Sunaryati, SH, Sekretaris Yanuarti M. Kalendi Djawa, SE, Panmud Perdata Yohan F. Ito, SH, Panmud Hukum Antonia Lipat Ola, SH dan Jackson Deni Faah, S.Ap.

Sedangkan dari tim LBH Surya NTT yang hadir adalah Pendiri dan Pengawas LBH Surya NTT Herry F.F Battileo, SH.MH, Ketua LBH Surya NTT cabang Maumere Laurensius S. Selling, SH, Advokat LBH Surya NTT San Fransisco, SH.MH, Poli Karpus Raga, SH serta Paralegal Agustina Ati Kotha,SH dan Darman, SH.

Ketua PN Maumere Johnicol R.F Sine, SH dalam tanggapannya mengharapkan agar LBH Surya NTT secara tertib membuat laporan setiap bulan dan dapat memakai SMS Gateway. Selain itu kata Johnicol, petugas Posbakum dan Advokat selalu berada di ruangan untuk lancarnya komunikasi dan koordinasi. Apabila terjadi mis komunikasi dengan masyarakat ataupun pihak pengadilan, maka pengadilan dapat memutuskan kerjasama yang ada.

Saat yang sama Ketua LBH Surya NTT E. Nita Juwita, SH.MH berjanji membantu masyarakat Sikka dengan ikhlas, sekaligus menghimbau kepada masyarakat untuk dapat berkonsultasi dengan Posbakum Pengadilan Maumere yang dibuka dari jam 10.00 sampai 12.00 wita. Advokat LBH Surya NTT menurut Nita akan selalu siap membantu keluhan masyarakat terkait bantuan hukum.

Pendiri dan Pengawas LBH Surya NTT Herry F.F Battileo, SH.MH pun dalam dalam acara ini menyampaikan terimakasih kepada yang mulia Ketua PN Maumere serta jajarannya mempercayakan LBH Surya NTT untuk mengisi Posbakum dalam membantu masyarakat Maumere. Tambah Herry, LBH Surya NTT akan membantu dalam masalah hukum secara gratis kepada masyarakat tidak mampu dengan membawa sertakan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan atau desa.

Pengadilan Negeri Maumere Kelas II sebagai pemberi mandat dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surya NTT selaku pelaksana layanan bantuan hukum telah melewati tahapan kriteria untuk realisasi bantuan hukum terhadap masyarakat yang kurang mampu secara gratis.

Tahapan itu diawali dengan pengumuman dan pengambilan dokumen pengadaan dan penjelasan pekerjaan pada tanggal, 12 Desember 2019 oleh pihak PN Maumere. Selanjutnya pada tanggal, 12 Desember sampai 17 Desember 2019 pemasukan dokumen penawaran oleh pihak pelaksana layanan Posbakum dan pembukaan dokumen penawaran oleh Pihak PN Maumere.

Tanggal, 17 Desember sampai 19 Desember 2019 dilakukan evaluasi dan klarifikasi teknis serta negosiasi harga. Penetapan pemenang dan pengumuman pemenang. Di tanggal, 20 Desember 2019 realisasi penunjukan penyedia jasa dan penandatangan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

Demikian hal ini disampaikan Sekretaris Pengadilan Negeri Maumere Kelas II Yanuarti M. Kalendi Djawa, SE kepada media ini usai acara penandatangan MoU. ([email protected])

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
/