Pemerintah Provinsi Sumut Dukung Pengembangan Kepulaun Nias Menjadi Daerah Wisata. -

Pemerintah Provinsi Sumut Dukung Pengembangan Kepulaun Nias Menjadi Daerah Wisata.

0
Spread the love

NIAS – Newssuaraindependent.id

Sebagai bentuk komitmen dan dukungan terhadap pengembangan Kepulaun Nias menjadi daerah wisata, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) segera memberikan bantuan pada Museum Pusaka Nias, di Jalan Yos Sudarso Nomor 134, Kelurahan Saombo Gunungsitoli, Kepulaun Nias Sumatera Utara. Senin (02/09).

Hal itu disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat mengunjungi Museum Pusaka Nias, di sela-sela Kunjungan Kerja Rapat Sail Nias 2019 bersama Bupati Nias, Walikota Gunungsitoli  serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kepulaun Nias.

Kedatangan Gubernur dan rombongan disambut tarian Same’e Afo (penerimaan sirih) yang maknanya, tari penghormatan pada tamu dengan pemberian sirih. Turut hadir Ketua Yayasan Pusaka Nias sekaligus pendiri Museum Pusaka Nias P Johanes M Hammerle OFMCap dan Direktur Museum Pusaka Nias P Nata ‘alui Duha.

Pada kesempatan itu, Edy Rahmayadi meminta Kadisbudpar Sumut Ria Novida Telaumbanua untuk memperhatikan Museum Pusaka Nias dengan menyalurkan bantuan untuk opersional dan memperindah kembali museum tersebut. “Segera ibu perhatikan museum ini. Bantuan ini merupakan bentuk perhatian dan dukungan Pemprov Sumut untuk menjadikan Nias daerah wisata,” ucap Edy, yang diiyakan Ria Telambanua.

Diketahui, Museum Pusaka Nias sudah berdiri sejak tahun 1995 dengan luas lahan 2 hektare. Pendiri museum yakni P Johanes M Hammerle OFMCap merupakan misionaris dari Jerman yang telah menetap selama 40 tahun di Nias.

Di lahan 2 hektare itu terpajang bebagai peninggalan sejarah yang ada di Nias, di antaranya kain tenun Nias yang umurnya ratusan tahun, miniatur, guci serta mata uang zaman kerajaan dahulu.  Selain peninggalan sejarah, museum itu juga terdapat taman satwa yang berisi sejumlah satwa yang ada di Nias, seperti Burung Beo, Buaya Muara dan lainnya.

Sementara itu, Kadisbudpar Ria Telaumbanua yang dimintai keterangan menyatakan akan menindaklanjuti perintah Gubernur. Dikatakannya, bantuan ini merupakan upaya dalam menarik kunjungan wisatawan ke Nias.

“Kita memberikan bantuan untuk musium ini agar lebih maju lagi dan indah lagi. Karena ini juga merupakan daya tarik wisata, makanya Pemprov turut serta memberikan bantuan agar museum ini lebih maju lagi,” ucap Ria.

Turut hadir mendampingi Gubernur, di antaranya Kadispora Sumut Baharuddin Siagian, Kadisperindag Sumut Zonny Waldi, dan Kabiro Humas dan Keprotokolan Hendra Dermawan Siregar.

Pewarta : (Fariz Larosa/Wahyu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!